Perkembangan penyemaian jabon merah

jabon merah ; foto dibawah ini akan menunjukkan proses perkembangan dalam penyemaian benih jabon merah samama, mudah mudahan bermanfaat bagi semua.
tanah untuk proses semai jabon merah sebaiknya tanah halus diayak atau tanah subur yang dalam, agar tidak tercampur dengan benih rumput kemudian media disiram air sampai jenuh.



Media semai juga bisa menggunakan bak plastik,,tujuannya bila ada teman atau sahabat membutuhkan bisa dikirim kemana mana

Penyungkupan menggunakan paranet dan plastik tujuannya adalah :
1.      Menjaga kelembaban media, kalau terlalau kering benih tidak akan tumbuh
2.      Menjaga dari gangguan hewan maupun gangguan cuaca panas dan hujan


berapa hari benih mulai tumbuh ? benih mulai berkecambah di usia 8 sd maksimal 30 hari ,tergantung kondisi benih dan cuaca serta media.


Sungkup kenapa perlu dibuka waktu benih udah berkecambah? Perlu agar tidak terlalu lembab dan mngundang jamur, semprot itu  media dnegan  sprayer dan dengan fungisida, jam 7 pagi atau jam 4 sore tiap hari sekali dan plastik sungkup dibuka jam 7 sd jam 10-11 an pagi, agar kena cahaya dan tumbuhnya  bibit jabon lebih cepat.


Bibit jabon merah sudah mulai berdaun empat, musti nunggu 30 an hari lagi biar bisa disapih, nanti kita sambung lagi untuk penyemaian jabon merah







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENIH JABON MERAH DAN PUTIH SUPER

Profil area tanam Jabon Kendal

pohon aren, memiliki nilai ekonomis tinggi