Fakta Mengejutkan Mengenai Jabon Merah

Tanamanjabon merah : angka di GPS digital menunjukkan 850 meter dari permukaan laut, itulah perjalanan kami dari Team CV Jabon Kendal  menuju kebun jabon merah milik bapak Agus Sumarmo di Kecamatan Pringsurat , Kabupaten Temanggung , Jawa Tengah. Kami melihat perkembangan tanaman jabon merah yang menurut sang pemilik berusia sekitar 5 – 6 tahun.

Menurut sang pemilik bibit jabon ini pemberian dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM ) sekitar 6 tahun yang lalu.
samama merah di temanggung
diameter mencapai 26 cm dalam 5, 5 tahun terlihat sengon juga memiliki diameter yang sama


Lokasi Tumbuh jabon merah ini memiliki kemiringan 40 derajat

Disekitar tanaman jabon merah tersebut juga ditanam sengon jenis lokal yang sebagian tampak meranggas terkena ulat kantong maupun karat tumor. Ketinggian tanaman jabon merah yang ada di kebun ini berkisar antara 14 sd 18 meter dan memiliki diamater atau garis tengah antara 20- 26 cm, harap mahfum karena tanaman sengon di kebun tersebut juga memiliki pertumbuhan yang relatif setara dengan jabon merah. Musabab pertumbuhan agak lambat ini mungkin karena habitat asalnya di maluku dan Indonesia Bagian Timur memiliki ketinggian antara 10 sd 700 meter dari permukaan laut, nun jauh disana tanaman jabon merah sudah memiliki diamater 30-35 cm. Sedangkan di temanggung udaranya relatif sejuk dan dingin dan ber ketinggian 850 sehingga sangat wajar apabila terlihat lebih lambat karena sengon juga memiliki pertumbuhan yang sama dengan jabon merah ditempat tersebut.
kalau ini daun jabon merah di kebun contoh kami, terlihat kaku dan agak berbulu

kami dan tenaga ahli dari CV Jabon Kendal Juga mencatat koordinat, kemiringan,keadaan tanah dan lingkungan di sekitar tumbuh tanaman jabon merah ini. karena ada berbagai temuan yang sangat menarik.  diantaranya tanaman ini bisa tumbuh bagus di lahan miring, artinya bisa mengurangi erosi, toleran di daerah dingin (meski agak lambat ). yang terpenting menurut sang empunya pohon adalah pemupukan rutin setahun pertama minimal 3x dan 2x tiap tahun sd tahun ke-3. pemupukan awal cukup dengan 3 kg pupuk kandang.
 Hal yang sangat menggembirakan adalah bahwa tanaman jabon merah ini kami amati sama sekali tidak terkena ulat daun maupun ulat kantong, mungkin karena daunnya lebih keras dan tebal. Ditengah maraknya ulat kantong dan karat tumor serta hama ulat penggulung daun yang menyerang jabon putih. Jabon merah layak dikembangkan sebagai salah satu alternatif tanaman pendamping di lahan kritis yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Komentar

  1. Ternyata , di website Pak Ardha membahas tentang keuntungan2 Jabon,,, ALhamdulillah,, saya berarti bisa lebih percaya dan yakin tentang keunggulan2 pohon jabon,,, Terima kasih Pak Ardha Artikelnya,, bagus artikelnya,,, tetap semangat untuk berinvestasi Jabon,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENIH JABON MERAH DAN PUTIH SUPER

Profil area tanam Jabon Kendal

pohon aren, memiliki nilai ekonomis tinggi