1 hektar jabon = 1 milliar ( jangan ngibul )

jabon Tulisan kami sengaja kami buat diatas karena berdasarkan keprihatinan kami karena
Akhir akhir ini banyak pihak yang menjual bibit jabon ataupun menawarkan investasi jabon.dari berbagai penawaran yang datang tersebut tidak sedikit yang menjanjikan keuntungan ( return of invesment ) yang sangat banyak.bahkan sampai ada suatu perusahaan yang menjanjikan keuntungan sampai 1 MILIAR (RP 1.0000.0000.000) Nol nya banyak bangeet.adapula ada perusahaan yang menjanjikan pengembalian modal 100 persen bila tidak berhasil padahal hal tersebut sangat tidak masuk akal,ditambah lagi mereka sendiri sama sekali belum pernah panen kayu jabon.
Sedangkan  yang dinamakan investasi adalah suatu usaha yang memerlukan analisis mendalam terhadap kelayakan usaha dalam hasil dan pengembalian modal secara baik,suatu prinsip yang tidak menggunakan hal tersebut diatas disebut spekulasi.bibit jabon


  



pengolahan kayu jabon sebagai bahan baku kayu lapis di PT SSS


 Bagi orang yang awam yang belum pernah terjun ke dunia agroforestery hal itu sangat menarik.padahal  menurut pengalaman kami yang pernah panen kayu jabon, hal tersebut sangat tidak realistis dan cenderung sangat dibesar besarkan. Menurut pengalaman panen kami yang pernah panen kayu jabon maupun sengon dari satu hektar  jumlah 1000 pohon/ha dalam 6 tahun dibagi menjadi 5 kelompok kayu sebagai berikut :
1.kelompok yang mati/kerdil  dan dibawah 15 cm diameter  adalah 15 persen, jumlah         150 pohon
2.kelompok pertumbuhan diameter 20 cm,tinggi 10 m  =   30 persen ,jumlah  300 
   Pohon.
3.kelompok pertumbuhan diameter 20-30 cm, t 14 m    =   20 persen,jumlah  200 
   Pohon.
4.kelompok pertumbuhan   30-40 cm,t 16 m     =       20 persen , jumlah 150 Pohon
5. kelompok pertumbuhan 40cm up ,t 18 m       =      15 persen   , jumlah 200 pohon
Bila dirata rata dengan harga borongan (dibeli pohon berdiri ) saat ini :
1.      Pohon diameter 15 cm , t  9 m dinilai rp 50rb akan menghasilkan 150 x 50rb = 6,25 juta
2.      Pohon diameter 20 cm , t 10 m,dinilai rp 100rb akan menghasilkan  300x100rb = 30 jt.
3.      Pohon diameter  20-30 cm t 14 m ,dinilai rp 170rb  akan mengasilkan  200x170rb = 34 jt
4.      Pohon diameter 30-40 ,t 16 m,dinilai 350 rb akan menghasilkan  200x 350rb= 70 jt
5.      Pohon diameter 40 cm up,t 18 m,dinilai 750 rb akan menghasilkan  150 x 750rb = 112,5 jt

DALAM 1 HEKTAR TANAMAN JABON, TIDAK SEMUANYA AKAN MENJADI JABON JUMBO YANG MEMILIKI DIAMETER 30 CM KETAS, PASTI ADA YANG MATI ATAU KERDIL, BAHKAN PASTI ADA YANG BERDIAMETER 10 CM, APA INI JUGA AKAN DI KLAIM LAKU 1 JUTA PER BATANG ? 


rasio ini didapat berdasar sampel acak dari berbagai kebun,yang mana dengan berbagai kesuburan dan perlakuan berbeda.
lalau bagaimana kalau per ha misalnya ditanam 2x2 menjadi 2500 pohon per ha? apakah hasilnya akan 2 kalai lipat dari 1000 pohon per hektar ?? justru hasilnya tanaman akan banyak tanaman  yang berdiameter dibawah  20 cm alias akan menghasilkan hasil yang sama juga.
Jadi jumlah total  sekitar  rp 252,5 juta per ha dalam 6 tahun adalah hasil realistis hasil panen kayu jabon berdasar perhitungan kami yang pernah panen.
Dengan variabel harga kayu akan naik 20 persen dalam 6 tahun maka hasil ‘’masuk akal ‘’ dalam investasi jabon adalalah 200-350 juta per ha. kalaupun bisa sampai 500 juta atau bahkan 1 milyar itu namanya adalah keajaiban.
Angkah baiknya investor untuk lebih bijaksana  dalam berinvestasi dalam dunia perkebunan,dan memilih guru guru maupun partner terbaik dalam budidaya kayu jabon dan senantiasa belajar agar mencapai hasil yang baik,soal hasil juga harus berdoa dan berserah diri kepada Tuhan YME.

Komentar

  1. salut dengan kejujuran bapak,tapi saya yakin bisa 1,2 milliar tetepi ditumpangsari dengan tanaman ganja.kwkwkwkwkwkin bisa 1,2 milliar tetepi ditumpangsari dengan tanaman ganja.kwkwkwkwkw

    BalasHapus
  2. He he mending Pak kalo bilang "cuma" 1M, lah ini ada yg nekat bisa 5.5M/HA selama 6th, di JCC stan pamerannya mewah banget, yg jaga pake jas ama dasi semua, he he jauh dari kesan petani, saya diajak duduk untuk dijelaskan sudah nggak nafsu, irasional banget sih, dan investasinya juga nggak main2 lebih 200jt/HA, sekalian jual lahan sih katanya, pasti Bapak tahu lah siapa mereka, secara hitung2an kasar saya modal awal nggak lebih 20jt/HA kok, apalagi dibantu tanaman tumpang sari, pasti investasinya bisa lebih rendah, karena operasional bisa dari tumpang sari ini.

    BalasHapus
  3. @ Pak edi, mencari nafkah itu legal,tapi alangkah baiknya kita memberikan edukasi kepada masyarakat. jadi jangan cuma mengeruk keuntungan semata

    BalasHapus
  4. setuju dengan statment dari pak ardha sangat lucu kalau namanya investasi tidak beresiko dan salut saya dengan anda adalah prinsip resiko yang selalu jujur dikemukakan oleh anda.

    BalasHapus
  5. setuju , mari kita mengajari rakyat untuk jujur

    BalasHapus
  6. Inilah pembelajaran yg benar , harus obyektif

    BalasHapus
  7. Setuju juga jika harga jual (real) sebagai investor juga diberi tahu sehingga tranparan apakah 1M itu masuk akal...

    BalasHapus
  8. ada yang ikut PT GMN kah, baru saja saya ditawari seorang rekan unuk invest jabon di PT GMN...mohon masukannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. I-GIST adalah real penjual bibit unggul dengan fasilitas lahan plus perawatan hingga panen,dengan harga per batang pohon 150rb.harga ini masuk akal sekali,karena investor sudah tidak mengeluarkan modal lagi hingga panen dan jumlah pohonyapun di jamin 100%.

      I-GIST mendapat untung dari pohon cadangan dan panen ke 2,1H lahan ditanami 1200 pohon,jika asumsi harga panen 1jt saja per batang mungkin saja mencapai 1,2Millyar per Hektarnya.Harga tersebut bersifat prediksi dengan melihat harga kayu jabon saat ini.Jadi jangan salah mengartikan,I-GIST tidak pernah menjamin NILAI UANGYA tapi menjamin JUMLAH POHONYA hingga panen.

      Hapus
    2. tidak masuk akalnya ketahuan sekali.
      1. biaYa tanam jabon 150 rb ?
      1.bibit 1500 + pupuk 20 rb ( 1 karung besar ). perawatan, penjagaan dan sewa lahan taruhlah 20 rb dan 20 rb jadi total per pohon 60 rb sudah luar biasa. kok bisa sampai 150 ribu ?
      2. hasil di klaim 1 juta x 1000 = 1 milliar

      kenyataannya 1 hektar jabon rata rata menghasilkan 100 sd 300 an juta dalam 6-7 tahun.

      kesimpulan : mahal sekali di awal dan melakukan pembesaran asumsi hasil panen.

      Hapus
    3. kalau seperti itu ketahuan, berapa besar keuntungan didepan?

      Hapus
    4. i-Gist adalah Real Business Dan Professional


      hehehhe, Maklum aja kompetitor ya gtu deh banyak cari cara agar menjatuhkan ....

      Pendapat boleh, tapi jng Frontal sekali..

      ================================================

      anda gak percaya, saya loh dah buktiin panen perdana nya
      desember 2012 kemaren,

      harga mulai 900 ribu - 1 jt - 1,6 jt

      =================================================


      Jadi semua itu tergantung dari Cara nya - professional kah,

      Lah i-gist ngasih harga mahal ya wajar lah

      bibit nya super
      pengelolaannya professional
      menggandeng para pakar ahli pertanian
      cctv nya

      ya wajar klo hasil panen kemaren up segitu....

      klo bibit yg ecek ecek ya gtu deh hasil nya wkwkwkwkwk...

      Pintar lah sebelum membeli ya...

      Banding kan anatara Produk cina dng Jepang ya jauuuuuuuhhhhh beda lah :D

      Hapus
    5. mas pebisnis jabon, di tempat kami kemaren 1 pohon laku 10 juta, tapi dibeli oleh GAYUS TAMBUNAN, saya percaya ditempat anda laku 900 sd 1,6 juta, karena yang beli orangnya anda juga alias kongkalikong..ya kan??? masyarakat sudah pada pintar mas, bisa juga sih ini ada pohon harga NYATA 200 RB, dibeli di balik layar 1 pohon 1 juta, tapi yg beli sesama MAFIA, mirip bisnis gelombang cinta alias di GORENG

      Hapus
    6. jangan hanya SHOW yg anda tunjukkan, INI ADA RIBUAN pohon jabon silahkan anda beli 1 pohon 200 ribu saja, terus anda buat SHOW/PERTUNJUKAN, anda pura pura jual lagi ( transaksi semu ) pada GENK ANDA se pohon 1 juta, ntar orang orang kan pada percaya ( orang bodoh maksudnya)

      Hapus
    7. Saya adalah pebisnis kayu dari tahun 1992. beberapa bulan ini saya meneliti dari data2 di internet tentang penawaran investasi penanaman jabon. Cukup fantastis kalau saya melihat dari pola hitung dari perusahaan /regulator penanaman jabon tsb. Rata-rata tidak memunculkan biaya eksploitasi yang realistis sementara biaya tsb sangat berpengaruh kepada pendapatan nya, yang lucunya lagi adalah menentukan harga jual yang abu-abu sehingga pada akhirnya nanti perhitungan ke untungan akan jauh meleset, Sebagai contoh : Harga jual jabon adalah Rp 750.000 , rata -rata tidak di jelaskan itu harga dimana? apakah harga jual tersebut masih berupa pohon berdiri ( standing stock ) ? sementara bila akan menentukan harga jual itu harus jelas karena berpengaruh kepada biaya lain yang akan muncul . Yang realistis saat ini harga jabon/ m3 di pinggir jalan adalah Rp 750.000/m3. sementara biaya eksploitasi itu juga tergantung kepada jarak kebun dari jalan raya . Rincian biaya eksploitasi : 1. biaya tumbang, potong : Rp 50.000- 100.000 ( tergantung daerah ) 2. Biaya sarad/ pikul/ log ke pinggir jalan : 50.000- 300.000 ( tergantung jarak dan topografi kebun ) 3. biaya surat / dokumen kayu Rp 10.000-25.000/m3 ( tergantung daerah )
      4. biaya lain2 : 5000-10.000 ( tergantung kondisi )
      nah dari gambaran tsb di atas jelas bahwa harga jual log jabon haruslah dikurangi dengan biaya -biaya itu ( eksploitasi ) maka akan menjadi harga jual kayu standing stock . Berapapun dahsyatnya hasil volume m3 kayu yang didapat setiap pohon tetap dikurangi oleh biaya eksploitasi /m3 juga.. ini menjadi patokan realistis untuk pemilik kayu maupun pengusaha kayu nya.
      Semoga gambaran dari saya menjadi masukan untuk rekan2 agar tidak terjadi kesalahan dari cara menghitung . Dengan perhitungan yang saya berikan ini , investasi penanaman jabon tetap masih sangat menguntungkan ,namun tidak fantastis.. saya sendiri melakukan penanaman jabon sendiri sudah 5 tahun sehingga saya memiliki gambaran untuk perhitungan tersebut . Bila ada yang kesulitan menjual hasil jabon bisa menghubungi saya : Fajar wirabangsa , 082129779999

      Hapus
    8. Jabon di franchise ga sekalian jengkol juga di franchise kan , ngawur

      Hapus
    9. Jabon di franchise ga sekalian jengkol juga di franchise kan , ngawur

      Hapus
  9. pt gmn/ igist adalah penipu ulung

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa bapak punya bukti kongkrit kalau pt.GMN/Igist penipu..? bisa share ke email saya listyo.listyo@yahoo.com soalnya saya di tawarin investasi juga..

      Hapus
    2. saya sudah ikut PT GMN, dan hasil 1M dengandengan sistem yang transparan dan hitung"an yang rinci memang benar, dan sudah terbukti..

      saya hargai postinganya dari bapak admin, karena anda kmpetitor bisnis kami.
      tapi saya yakin rizki sepenyhnya ada di tangan Allah pak.. menjatuhkan nama orag lain belum tentu bisa meninggikan nama kita.

      Hapus
    3. yth pak diaz, kami sama sekali tidak menyinggung PT GMN dan catat, kami tidak pernah menganggap anda atau siapapun disana yang bebrbisnis jabon adalah sebagai kompetitor, soal hasil 1 m, saya haqqul yakin itu bohong. karena kami sudah mencoba panen kayu jabon , dan hasil nya per hektar juga tidak pernah lebih dari 300 juta untuk periode 7 tahun/hektar. kalau anda bisa 1 milliar, well kami akan dengan senang hati berguru ke anda dan PT GMN.
      dan andai betul bisa 1 milliar..subhanallah. tentu lahan kritis di indonesia yang jumlahnya jutaan hektar dikelola 1 gist semua saja. ndak usah muluk muluk 1 juta ha x 1 milliar x 7 tahun = 1000 trilliun atau sama dengan APBN negara ini. coba anda tanya ke para pengepul kayu yang sudah biasa melakukan panen kayu jabon atau sengon, terus tawarkan ke mereka apa mau suruh memebeli 1 milliar? misi kami di perjabonan bukan hanya mengeruk untung semata, yang paling penting adalah beri edukasi ke masyarakat, jangan dibohongi karena nanti bisa membuat semangat menanam masyarakat ini menjadi menurun dan luntur. rizki dari Allah, tapi kita tidak boleh asal mengejar keuntungan sehingga memberikan kebohongan,
      trimakasih wassalam

      Hapus
    4. satu lagi, saya pernah di ajak salah satu perusahaan abal abal dan di iming imingi untuk bergabung dengan iming iming keuntungan tertentu. terus terang kami menolak setelah kami lihat proposalnya yang sangat TIDAK REALISTIS dan cenderung BOHONG BESAR, salah satu diantaranya adalah modal penanaman yang di MARK UP/DIGELEMBUNGKAN luar biasa, 5 sd 10x lipat dari normal, hahaha, meniru proyek HAMBALANG mungkin ya? kalau memang kami berniat mengejar keuntungan membabi buta tentu kami kalau mau bisa saja buat postingan BOMBASTIS, tapi ingat==== perkataan , perbuatan, dan perilaku kita kelak akan diminta pertanggungjawaban oleh Tuhan YME di akhirat nanti.
      terimakasih
      salam sukses luar biasa
      wassalamualaikum wr.wb

      Hapus
    5. terimakasih banyak masukanya pak...
      kami mengerti dan kami juga menyadari, dalam setiap perusahaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing"..
      sistem perusahaan kita memang berbeda pak, dan customer akan menentukan sendiri dimana mereka berinvestasi..

      Hapus
    6. saya tanya apa PT GMN pernah panen, jadi tahu persis hasilnya? lha wong foto foto saja banyak yang kopas dari blog rekan kami di www.timberestate.com dan www.asaforest.com, blog ini dan blog www.jabonkendal.com
      bayangkan kalau memang PT GMN bonafit tentunya gaka sal comot gambar orang dan tentu ada berita pemanenan yang akurat.
      masyarakat sudah terlalu banyak dibohongi pak, kalau terus dibohongi maka semangat menanam akan menurun..kejujuran itu no 1

      Hapus
    7. kebetulan ini project perdana kami,,, namun untuk program kami di lapangan pimpin oleh ahli dari pusat litbang konserpasi dan rehabilitasi kementrian kehutanan yaitu BPK PROF DRS ABDULAH SYAM MS C, dimana beliau sudah sangat berpengalaman dibidang jabon. dan InsyaAllah kami akan memberikan yang terbaik bagi customer kami.

      Dan untuk Gambar" yang di ambil sebelumnya minta maaf. mungkin ada beberapa investor dari kami yang turut serta mempromosikan I-GIST melalui internet namun tidak tahu menahu tentang kode etik blogger. dan kalu memang keadaanya begitu lebih baik di kasih tau admin blognya biar di remove gambarnya.

      kalau untuk bohong membohongi,, kami dari PT.GMN tidak pernah membohongi customer kami, disini kami memiliki sistem marketing plane yang transparan. Dan setiap calon investor selau diberi penjelasan terlebih dahulu mengenai sistem ini.

      saya ucapkan terimakasih banyak atas masukanya Pak..

      Hapus
    8. begini pak. kalau memang belum panen, bikin proposal dasar darimana ?asumsi semata tanpa memperhitungkan fakta di lapangan?

      Hapus
    9. bertani jabon ndak perlu pengalaman amat bro, ditempat saya tanpa ditanam aja numbuh dan tampa dirawat juga besar apalgi kita rawat, yang penting lokasinya lembab atau cenderung basah, yang sulit itu pembibitannya krn prosesnya beda dengan pembibitan yang lain. dan untuk 1Ha=1M kurang realistislah.

      Hapus
    10. titlenya aneh/sudah berpikir negatif dan tidak ada dasarnya.

      sy sejak 2006 di I-GIST tidak pernah di tipu, malah asyik krn amanah, transparant dan komitmen yg betul-betul dijalani. sampai saat ini Maret 2013 sy masih nginvest malah skg udah kurang lebih 250 pohon dan sebahagian di GBAkan dgn property.

      ttg biaya join itu krn keunggulan system pemasaran yang anti jebol-trasparan (daripada anda ikut hari ini buka/jalan besok tutup, kan kasihan) dan juga fasilitas yg diberikan ttg hasil panen itu kan prediksi/asumsi harga... tergantung hrg pasarnya nanti, mau di pasang hrg 1 milyar perpohon keq , 1 triliun perpohon keq yg penting ada catatannya bro.. itu aja.... gampang amat koq . gak usah repot komentar .... kasihan :)

      Hapus
    11. Atas ane pengurus money game. Pantesan ngaco, terserah ane koment. Igist jelas nipu.perusahaan gak jelas. Mana ada ijin bappepam lk? Piramda sistemnya. Anda duluan gabungbya untung.hanya orang dungu, tamak dan serakah yg mau gabung

      Hapus
    12. IGIST SAAT INI DALAM PENGAWASAN SATGAS WASPADA INVESTASI KARENA MENGGALANG DANA DARI MASYARAKAT TANPA SEIJIN BI DAN BAPPEPAM LK
      DAN MERUPAKAN SALAH SATU MLM YANG TIDAK BERIJIN DARI APLI
      HARAP SEMUA WASPADA! SISTEM MEREKA YANG MENGGUNAKAN TESTIMONI MERUPAKAN PEMBODOHAN KEPADA MASYARAKAT

      Hapus
    13. Mana mungkin 1 ha itu bisa menghasilkan 1 miliar rupiah lebih dalam 6 tahun. BULLSHITTTT amat. Kalo bener demikian mendingan dikelola sendiri ngapain juga di share ke orang lainnnnn.... oalaaahhhhhhhhh...............

      Hapus
    14. Gak mungkin 1 ha = 1 miliar dalam enam tahun nanam Jabon. Ane juga nanam jabon ternyata hasilnya tidak sedemikian rupa. Tidak masuk akal penjelasan dari perusahaan-perusahaan yang menawarkan investasi dengan modal dua ratus juta dapat 1 miliar dalam enam tahun.... Saya sepakat dengan jabon kendal karena saya adalah petani sengon dan jabon. Lebih baik beli tanah kebun yang masih murah, harganya juga gak sampai 100 juta. Bahkan masih ada yang dibawah 50 juta untuk 1 ha. Kita coba tanam sendiri. Dan kalo kita memang cinta terhadap hutan atau penghijauan cara seperti ini adalah cara lebih jujur. Daripada dengan investasi yang sebenarnya ngarep duit lebih (bukan cinta terhadap hutan atau penghijauan).

      salam

      Hapus
    15. terimakasih atas masukan2 dan penjelasannya pak ardha,system penipuan sudah merajalela dan yg jd korban adalah masyarakat yg kurang pendidikan dan cepat tergiur dgn janjian keuntungan dlm waktu singkat.Semoga lebih byk orang seperti bapak ini yang berpihak kepada rakyat dan memberikan informasi yg benar kepada orang2.

      Hapus
  10. MLM harus terdaftar pada APLI. Money game berkedok MLM tidak berijin/illegal.
    Ijin hanya SIUP dan TDP. Tidak punya ijin untuk menghimpun dana masyarakat. Hanya Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank/Koperasi yang mendapat Ijin untuk menghimpun dana masyarakat. Investasi untuk perusahaan hanya diperbolehkan melalui penyertaan Saham dan Obligasi dibawah naungan BAPEPAM LK.

    BalasHapus
  11. Pak Ardha, ijin nanya Pak. Moga2 bisa dijawab.
    jika keuntungan tanam jabon dalam 1 Ha 200 juta (pahitnya nih Pak)
    apa bisa saya asumsikan dengan lahan 1000 m2 keuntungannya berarti 20 juta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. INSYAALLAH BISA PAK, proyeksi kami ya misal anda tanami 100 pohon x 150 rb = 15 juta = wajar
      100 pohon x 100 rb = masuk akal
      100 pohon x 200 rb = alhamdulillah
      100 pohon x 1 juta ????....( pingsan )
      wassalam

      Hapus
  12. amir 20 nop 2012
    Saya tanam sengon, hitung-hitung sekitar 200 jt/Ha, karena tanahnya ada yang subur ada yang tidak (kondisi tanah heterogen). Mungkin yang dianalisa oleh pak Ardha P ada benar sekali, saya sampaikan terimakasih atas artikelnya sehingga masyarakat bisa tahu dan tidak tertipu oleh janji-janji atau iminng-iming yang sulit untuk dibuktikan. Biar agak untung memang tanaman jabon atau sengon pada tahun pertama bisa ditanami tumpang sari. Pemupukan tanaman pohon jabon secara berkala dan kontinyu juga perlu dilakukan agar hasilnya lebih maksimal. Sebelah kebun saya juga ditanami jabon namun karena pemupukan dan perawatannya kurang hasilnya kelihatannya kurang menggembirakan. Salam semua dan selamat mencoba.

    BalasHapus
  13. amir 20 nop 2012
    Saya tanam sengon, hitung-hitung sekitar 200 jt/Ha, karena tanahnya ada yang subur ada yang tidak (kondisi tanah heterogen). Mungkin yang dianalisa oleh pak Ardha P ada benar sekali, saya sampaikan terimakasih atas artikelnya sehingga masyarakat bisa tahu dan tidak tertipu oleh janji-janji atau iminng-iming yang sulit untuk dibuktikan. Biar agak untung memang tanaman jabon atau sengon pada tahun pertama bisa ditanami tumpang sari. Pemupukan tanaman pohon jabon secara berkala dan kontinyu juga perlu dilakukan agar hasilnya lebih maksimal. Sebelah kebun saya juga ditanami jabon namun karena pemupukan dan perawatannya kurang hasilnya kelihatannya kurang menggembirakan. Salam semua dan selamat mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BETUL pak boss, untuk tanam jabon atau sengon gak perlu pakai profesor, lha wong mudahs ekali asal mau melakukan pemupukan rutin dan pemeliharaan yang bagus insyaallah hasilnya bagus.

      Hapus
    2. Pak Ardha saya doakan orang seperti anda sehat selalu dan dilindungi Allah SWT. amal saudara dengan mengingatkan orang lain akan kebenaran suatu informasi investasi jabon sangat berharga. semoga rekan2 lain dapat meneruskan informasi ini kepada para calon investor jabon agar tetap berpikir rasional dan jernih. salam kenal pak Ardha. regards

      Hapus
  14. Maaf Nih pak, BPK PROF DRS ABDULAH SYAM MS C jangan dibawa2 apakah dia memang pengurus PT.GMM??? yang saya tau dia tidak terlibat langsung/pengurus dengan PT.GMN. Dia peneliti yang berdiri sendiri... apakah PT.GMN telah berkonsultasi dengan beliau untuk membawa namanya dalam prosfek bisnisnya??? dan berapa FEE untuk Dia???

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh, bisa and atanyakan ke PT GMN atau ybs pak, kami kurang 86

      Hapus
  15. metode bawa nama tokoh dan testimoni, hanyalah ilmu marketing lucu yang diajarkan para tokoh dan motivator. padahal yang diambil fotonya itu ya gak tahu sistem kerjanya, pokoknya ditawari ikut, diberi harga murah atau bahkan gratis, yang penting bisa ditampilkan. jangan mudah terkecoh.

    BalasHapus
  16. BeTul Pak ardha anda lebih realistis, saya pernah panen kayu duren dan secara perhitungan anda lebih masuk akal, krn tidak semua kayu yang umurnya sama memiliki ukuran yang sama, padahal kayu duren tersebut ditanam dgn jarak lumayan 6 s/d 7 meter2, jadi kesimpulan sya untuk ukuran kayu mengikuti kondisi alam tempat kayu tumbuh. Ada faktor X yƓ tidak bisa kita usahakan tp ada dengan sendirinya. Itulah Alam ciptaan Allah Swt dengan segala warna warninya.

    BalasHapus
  17. mas ardha mo tanya kira2 foto pohn sengon "IBU" d blog tetangga yg mengklaim baru berumur 22 bln, tp diameter sdh 23cm dgn tinggi 13mtr bagaimana ya, Silahkan d cek link ny
    http://jabonsengon.blogspot.com/

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kan cuma 1 pohon pak, ditempat kami malah ada yg sudah 27 cm, kalau skala di laborat atau sampel bisa, tapi kalau di lapangan dengan luasan berhektar hektar sangat hampir mustahil.

      Hapus
    2. Datang dan lihat ke kantor pusatnya, tanya,

      Hapus
  18. diskusi ini sangat bermanfaat, semoga berdampak positif bagi yg ingin mengetahui. realistis dan memberitakan sewajarnya itu baik, daripada memberitakan angin surga yg blm tentu realistis.

    BalasHapus
  19. diskusi positif, telah memberi wacana buat saya shg bisa tahu mana yg realistis dan tidak. ingin investasi jabon, tp msh perlu banyak belajar lagi.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah saya temukan artikel ini, 1 minggu yang lalu sy ditawari investasi jabon oleh yg mengaku dari pt. gmn. terimkasih bapak-bapak...skrg sy sangat mengerti.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah...saya temukan artikel ini. 3 hari yg lalu saya ditawari investasi jabon oleh yg mengaku dari pt. gmn. sekarang saya sangat mengerti, terima kasih bapak-bapak...

    BalasHapus
  22. berapa harga per m3 di pabrik mas?

    BalasHapus
  23. Pak Ardha Yth
    Artikel - artikel yang ada diatas sangat interesting. Memang benar seperti apa yang bapak uraikan. Dalam berbisnis kita harus berprinsip atau melihat BEP nya. Kalau kita hanya perhitungkan atas hitam diatas putih tanpa ada berpengalaman sendiri. Akanlah sangat kecewa dihari depan - jika tak capai perhitungan

    BalasHapus
  24. Hal serupa juga di mlm kayu gaharu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analisa biaya dan hasilnya, masuk akal gak..tks

      Hapus
  25. Hal sama pada mlm gaharu.?

    BalasHapus
  26. saya menyesal masuk igist...karena saya bongkar rahasia dapurnya. ternyata uang 250 rb yang buat ikut gabung. hanya 40 ribu saja yang buat nanam jabon, sisanay disetorkan dan dibagi bagikan ke bigboss dan member lainnya

    BalasHapus
  27. Mohon ijin nyimak,
    Saya memiliki beberapa lembaga pendidikan dan pelayanan kesehatan, sejak 1 tahun yang lalu saya tertarik untuk coba-coba main sengon, tetapi return of investment-nya justru membuat saya curiga hingga akhirnya saya batalkan.
    Dalam dunia usaha (yang nyata) selalu ada resiko, selalu ada unpredictable thing-nya, TERUSLAH EDUKASI MASYARAKAT KITA DENGAN REALITA, semoga usaha anda tambah maju dan berkah.

    BalasHapus
  28. thanks for infonya, bikin kita hati hati dalam berinvestasi

    BalasHapus
  29. investasi jabon igist betul betul tidak masuk akal. 250 rb per pohon aslinya buat tanam 30 sd 40 ribu. yang 200 ribu buat bancakan pengurusnya, uplinernya, buat seminar, awas jangan ketipu

    BalasHapus
  30. cukup memberi pencerahan, so.. kira-kira yang paling relaistis, untuk investasi di perkayuan, nanam apa ya???

    untuk lahan kering dan berkapur??
    terima kasih,

    BalasHapus
  31. lg ada pameran di Galaxy mall sby. investasi jabon 8ha bisa sampai profit 120M !!! :D waaaaooooooo.. sertifikat asli, iso, pake catut nama menristek segala. ciri2 nya sama.

    BalasHapus
  32. Saya adalah orang awam yang pernah mendapat tamparan keras karena ke-awam-annya. Kita tunggu ... tahun lagi,
    siapa yang akan merasa beruntung dan siapa yang akan merasa merugi (semakin banyak downline, semakin lama
    perusahaan bisa survive). Saya suka statement :"Mending saya sewa lahan sendiri, tanam sendiri , pekerjakan warga
    setempat, dengan sistim bagi hasil baru sesuai sunnah"
    Saya adalah orang yang paling mengambil pelajaran terbesar dari menjadi pengikut bisnis MLM investasi seperti
    ini...fatal !! Karena sampai merenggut nyawa salah satu orang yang saya cintai. Lebih baik saya berusaha sendiri, sewa
    lahan sendiri, tanam sendiri, menikmati prosesnya hari demi hari, apalagi kalau bisa memberdayakan masyarakat sekitar
    untuk mengurusnya dan setelah panen tinggal bagi hasil. Rasanya keringat yang dikeluarkan akan lebih berkah.
    Memang kecenderungan masyarakat Indonesia adalah merasa paling benar, sehingga lebih memilih bersusah payah
    mencari pembenaran daripada mencari kebenaran.
    Pertanyaan saya : kenapa harus dengan system MLM ya ? Apakah nggak bisa kalau cukup dengan cara sbb :
    1. Bertemu langsung kedua belah pihak yang akan kerjasama
    2. Tunjukkan lahannya dan bibitnya kepada investor
    3. Tunjukkan keabsahan sertifikat2nya
    4. Tunjukkan kontrak bagi hasilnya nanti
    5. Sepakati keuntungan dan kerugian nanti
    6. Ikrar/Akad yang jelas sesuai syariah (bagi muslim)
    7. Tanam sama-sama (bukan berarti ikut terjun gali lobang)
    8. Ikut mengamati perkembangan tumbuhan/pohon (tengokin reguler)
    9. Panen sama-sama (nikmati hasilnya)
    Yang sudah bisa pergi umroh/haji dari bisnis ini, SELAMAT anda beruntung berada di level atas dari piramida karena
    kemampuan anda berusaha dalam mencari nasabah/downline yang jago mencari downline juga...dst. Kasihan downline
    paling buncit yang berharap sampai ajal tiba namun kesempatan tidak kunjung datang...no offense!! setiap orang bebas
    berpendapat.
    Dan setiap orang juga bebas meng-investasikan uang/harta yang dimilikinya. Satu hal "JANGAN MENYESAL DENGAN
    APA YANG SUDAH DIPUTUSKAN"

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah,yang ini yang saya suka.great mas dany.

      Hapus
    2. Pertanyaan yang sama saya ajukan ke teman yang ngajak. Terus yang jadi pertanyaan lagi kenapa tidak ada pembatasan jumlah investor.

      Hapus
    3. biasanya pola MLM itu menjual produk menjadi 400% harga .sesungguhnya. , 100% profit perusahaan, 100% iklan , 200% game.

      Hapus
  33. pak ardha primatopan, saya punya lahan gundul disulawesi beberapa Ha, kata petani disana, gunung disini gunung batu.katanya, tanaman yg bisa tumbuh jagung sama kacang tanah.
    klo boleh nanya, apakah lahan disana bisa ditanami jati/jabon???
    soalnya sayang banget ngeliatin lahan nganggur isinya cuma padang rumput.

    kmaren sh hampir ikut gabung juga sama I-Gist, untung saya baca blog bapak.

    BalasHapus
  34. slamat siang pak ardha primatopan.
    saya punya lahan ngaggur beberapa Ha di sulawesi,kata petani disana,disni tanah nya keras/berbatu. trus saya tanya lg tanaman yg cocok untuk lahan ini apa? jawabnya tanaman kacang tanah dan jagung.
    klo boleh nanya, apakah lahan saya ini bisa ditanami jabon/jati???
    sayang banget klo isinya cuma padang rumput
    Dan saya mengucapkan terima kasih atas pemaparan tentang jabon diatas, soalnya saya sama sekali ga tau jabon beserta resiko2 nya. dan hampir saja saya ikutan I-Gist.untung saya baca artikel bapak

    BalasHapus
  35. saya ditawari oleh yang mengaku dari PT. GMN setelah membaca artikel ini subhanalah Allah SWT masih sayang kami sekeluarga dengan menunjukkan jalanNya

    BalasHapus
  36. terima kasih ya Alloh telah memeberikan jalan lewat Artikel sangat berguna ini, sehingga saya bisa terhindar dari tipu daya muslihat PT. GMN .... ampuni kami ya Allah

    BalasHapus
  37. Berapa biaya per ha yang dikeluarkan selama 6 tahun untuk pemeliharaan jabon tersebut? sehingga hasil 252,5 juta itu belum dikurangi bianya pemeliharaan dll.

    BalasHapus
  38. Tawaran2 ini, entah apa yang disebut dengan MLM atau Money game memang menarik. Hanya mengenalkan nasabah baru, kemudian ikut bergabung maka upline akan dapet keuntungan dari setoran awal anggota baru, sekali lagi uang SETORAN AWAL anggota baru. Karena anda akan dapat bonus kalau ia mau bergabung.

    Apapun barang yang di jual belikan nggak masalah, yang penting iuaran awal anggota dapat dibagi2 maka secara umum ya menguntungkan upline nya. Bisnis ini, seperti arisan dimana yang ikut duluan akan menikmati dengan baik. Yang rugi yang belakangan. Maka kalau mau dapat banyak keuntungan, ikut mulai sekarang saja. hahaha ...

    Pola seperti ini mirip dengan jaringan MLM/Money game yang menjual pulsa. Berapa sih keuntungan menjual pulsa? rata2 4-10% lah. Misal anda menjadi anggota baru dan setoran awalnya 180rb. Uang anda akan dibagi ke upline dan MLM tempat anda bergabung, Boleh jadi hanya 10-20% dari setoran anda yang akan digunakan untuk bisnis yang sebenarnya. Bisnis ini jika banyak peminatnya akan menggurita dengan pola 2 pangkat N untuk N=0,1,2 ... dst. Itung aja yang diperoleh oleh pendirinya jika N=40 (asumsi: piramid sempurna). Maka jika setiap anggota baru dia mengambil 10rb saja, maka pendiri MLM/Moneygame bisa dapat > 10T. Gampang banget ya cari duit, itupun yang menjalankan bisnisnya adalah orang2 yang sibuk mencari downline, sedangkan pemilik tinggak ongkang2 saja karena semua sdh ditangani oleh software. hehehehe .... cerdas banget.

    Nah, Ciri2 nya bisnis seperti ini pasti ada acara kumpul2 yang isinya motivasi, menggali keinginan anda yang terpendam, nggak boleh malu2 kalau punya keinginan meskipun sepertinya mustahil untuk saat ini bisa diraih. Nggak gampang menyerah dll. Sebenarnya bagus sih isinya ... karena mendidik kita menjadi kuat semangat. Semuanya itu diberikan karena anda diharapkan istiqomah dengan bisnis MLM/Money Game tadi. Bagaimana pemiliknya? ya tinggal ongkang2 saja dan duit akan mengalir dengan sendirinya. hehehe ... asyik juga ya.

    Mungkin bagi yang mau bergabung dengan bisnis seperti ini silahkan saja, Sah2 saja anda ikut. Namun pelajari kembali dengan hati2, karena bonus yang anda peroleh adalah hasil iuran awal dari downline anda yang bemimpi kaya mendadak dengan bergabung. Karena yang sukses itu tidak banyak, tapi yang gagal luar biasa banyaknya. Dan anda sebagai upline sdh menikmati hasilnya.

    Waspadalah
    Salam

    BalasHapus
  39. benar sekali, investasi juga butuh kejujuran, setahu saya di jambi harga per batang hanya 3000 perak dan upah tanam hanya 1000 perak jadi kalau tanam 1 ha jarak tanam 2 x 2 m bisa tanam 2500 batang = 10 jt (bisa di tekan biaya kl jarak 3x3m atau 3 x 4 m ), untuk lahan harga kisaran 20 - 25 jt/ ha, biaya tebang nyimas 1,2 jt / ha, total 37 jt lah plus biaya surat-surat,kita bulatkan 40 jt hanya itu, lahan jadi milik kita dan gimana kalau kita tidak punya 40 jt ??? solusinya bawa aja surat tanah ke bank, biasanya kisaran 30 - 40 jt mereka kasih,,biaya pupuk dan perawatan ??? pakai pupk kandang dan 400 rb / pestisida per 6 bln, hanya itu kok lebih realistis ,,,gimana kalau tidak mau beli lahan, kerja sama aja dg pemilik lahan, hapus 20 - 25 jt tsb,blass...gimana dgn profit paling kenceng 300 - 400 jt ,kita boleh bangga donk bertani jabon dengan modal 1 M alias 1x minjam,bukan milyar lho, kalau ngarep keuntungan 1 milyar per hektar, haiyaah lu gi la,,,hakekatnya sama dgn tanam gaharu,di kantor saya ada driver yg tanam gaharu 4 tahun yg lalu ,,,bibit dari bantuan kehutanan 400 bibit,punya lahan 1 ha,modal parang,cangkul dan tali rafiah, dia tebas buat lorong lorong sepanjang kebun,buat jarak pakai tali tsb,tanam gaharu 2 tahun kemudian dia bersih bersih kebun, yg hidup 300 an batang,mulai di ksh kotoran sapi 2 thn selanjutnya, ada yg mau beli 3 jt/ pohon, ini nyata lho mas bro, jadi kesimpulan diatas, kita akan berhasil kalau kita fokus,tanam apa aja..pisang, jengkol,nangka dll,kunci nya fokus dan yg tidak punya modal bisa ngadu ke bank,,action today, success tomorrow..inga inga jangan lupa berdo'a dgn Allah swt

    BalasHapus
    Balasan
    1. jambinya di mana pak,saya juga orang jambi asli dari sarolangun air hitam, saya pengen berguru sama bapak.rencana sudah lebaran ini mau berguru ke dinas perkebunan jambi.

      Hapus
  40. Tanam jabon modal 1 M,
    alhamdulilah saya tidak tertarik budidaya jabon untung 1 milyar,krn saya belum gila, saya tawarkan untuk budidaya jabon dengan modal 1 M ,kerjakan sendiri ya..kita asumsikan di daerah saya jambi,
    1. harga tanah 20 - 25 jt/ ha ( fluktuatif)
    2. harga bibit Rp 3000 / pohon ( tiga ribu perak )
    3. Upah Tanam Rp 1000 / pohon
    4. upah tumbang / nyimas per ha 1,5 jt
    5. jarak tanam 2 x 2m = 2500 bibit

    bibit + tanam Rp 4000 x 2500 bt = 10 jt, bisa di tekan biaya kalau jarak 3 x 4 atau 4 x 5 ( mana yang suka aja )25 jt tanah,1,5 jt upah land clearing,kita anggap saja biaya 40 jt modal awal kita sdh surat menyurat plus uang rokok untuk kita dan tukang tebas tanam tadi,setelah itu bawalah sporadik / sertifikat ke bank,biasanya bisa tembus 40 - 50 jt, jadilah kita budidaya jabon dengan modal 1 M alias 1x minjam, biaya lain pupuk kandang / pestisida 400 rb/6 bln,berapa profit yang kita dapat, gak usah ngayal 1 milyar dech, haiyaaa lu gi la....200 % dari modal aja udah bagus plus di potong sedekah 2,5%, ini realistis saja kalau ngarep tinggi tinggi dan meleset bisa jadi gila, semua kerjakan sendiri gak usah pake yang ribet,kalau modal cekak, ajak kerja sama pemilik lahan kan budged bisa di press seminim mungkin,hakekatnya berbisnis ini kita harus fokus aja, tanam pisang/gaharu/jengkol dll kita juga bisa survive, action today, success tomorrow , jangan terpengaruh investasi setan gundul, hanya iming iming,hitungan diatas kertas tidak sama di lapangan, ayo sadarlah, kalau kita sibuk dan hanya sesekali bisa ngawasi lahan kita, cari tukang kebun suruh merawat, beres bukan,usaha dengan akal sehat insyaallah hasilnya akan memuaskan...yakin dan fokus


    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, tapi satu hal yang perlu diingat,bukankah bunga Bank termasuk Riba?
      jadi kalu membawa sertfikat ke bank secara otomatis bapak akan membayar bunga ke Bank, dan RIBA termasuk Dosa Besar, (baca tentang hukum Riba dan bunga bank)

      Hapus
    2. setuju pak, tapi ini tempat sy g setuju ( bawalah sporadik / sertifikat ke bank,biasanya bisa tembus 40 - 50 jt ) hukum bunga bank itu RIBA kebanyakan pelaku transakksi bisnis saat ini tidak peduli tentang Riba,seberapapun kecil bunganya tetep Riba.dan riba termasuk dosa besar, dosa terkecil dari Riba adalah sama dengan berzina sama Ibu kandung sendiri.hati hati sebelum bermuamalah,( baca tentang hukum Riba dan Bunga bank )

      Hapus
  41. ya pak ardha,,memang betul. apa yang diungkapkan MLM "xxxxt" sangat tidak masuk akal,karena dalam pertumbuhan tanaman apalagi tanaman kehutanan hamparan berhektar2 kondisi pertumbuhan tidak sama, bisa diasumsikan hanya 60% akan homogennya, karena faktor kedalaman solum,leaching,aliran air tanah,kemiringan lahan,intensitas cahaya matahari, iklim musim tanam,sebaran kualitas bibit sampai Hama penyakit tanaman juga sangat beragam2. kecuali mlm"xxxxt" nanemnya 1 kapling ukuran rss-type 36 mungkin hitungan slidenya mendekati 50%,,sisanya tetap aj ngibul..wk..wk..walaupun aku bukan profesor,,tapi ngak bego' amat ya,, carilah jalan halalan toyiban untuk cr rejeki,,jgn pake dalil agama,,dosa besar...hai MLM"xxxxt"

    BalasHapus
    Balasan
    1. analisa yang menambah khazanah bung, salam hijau

      Hapus
  42. Saya setuju dengan analisa Jabon Kendal. Saran saya sebaiknya membeli lahan berupa tanah kebun yang harganya masih relatif murah di pulau Jawa ini, range nya antara 40 -- 100 jutaan. Lalu tanamilah pohon Sengon atau Jabon, dan berusahalan dalam menanamnya (termasuk dengan memberikan pupuk, pembersihan rumput, dll) dan lihatlah hasilnya lima atau enam tahun kemudian.

    Cara ini adalah cara JUJUR bagi semua pihak yang mengaku mencintai penghijauan atau hutan. Daripada Anda mengatakan mencintai hutan tetapi sebenarnya mencintai atau tepatnya bernafsu untuk mendapatkan buah investasi miliaran rupiah (yang padahal sangatlah tidak jelas kebenarannya). Orang yang tidak jujur seperti ini biasanya adalah korban dari penipuan. Dan sayangnya banyak sekali orang di Indonesia seperti ini.

    salam

    BalasHapus
  43. sangat sangaT sangAT sanGAT saNGAT sANGAT SANGAT BERMANFAAT

    kepada kesemuanya saya ucapkan terima kasih sangat
    Alhamdulillah

    BalasHapus
  44. hmmmm..... saat ini di Aceh sedang gempar tentang invest JABON I gist DARI GMN.....
    untung saya tidak tertarik......
    AL HAMDULILLAH....

    BalasHapus
  45. Sy mau menanam jabon ditanah gambut klo jarak penanaman 4x4m berarti 1200 pohon betul ga ??mohon sarannya trima kasih

    BalasHapus
  46. Saya berterima kasih atas info yg bermanfaat, tapi saya agak prihatin dengan pemberitaan yg sepihak dan cenderung negatif kepada PT GMN. Saya adalah nasabah PT GMN dan saya sangat puas dengan pelayanan yg profesional. Saya lihat sendiri lahan dan memang benar pohon ditanam sesuai dengan yg tercantum di sertifikat yang bertanda tangan notaris diatas materai.
    .
    Mengenai biaya 250 ribu per pohon menurut pendapat pribadi saya sangat rasional karena saya tidak perlu repot mencari lahan, survei lahan, tidak perlu repot merawat, memanen, dan itu sdh termasuk insurance pohon apabila terjadi kebakaran, pencurian dan resiko gagal panen yg lain. Apalagi dengan pengambilan pohon dalam jumlah banyak harga per bibit bisa ditekan hingga 150 rb per bibit sudah dirawat sampai panen.
    .
    Mengenai harga jual per pohon 1 jt, itu adalah harga skenario tinggi, PT GMN tidak pernah menjamin harga pohon pasti 1 juta, dalam range kami, harga berkisar antara 600 rb - 1jt, kami optimis harga mencapai range tersebut mengingat bibit kami kualitas unggul, kebutuhan kayu masih sangat tinggi. Harga tersebut sdh kami bicarakan dengan rekanan kerja pabrik kami insyaAllah mau membeli dengan harga bagus asalkan kualitas kayunya jg bagus :)
    .
    Sekali lagi mohon jangan sepihak dulu menjudge PT GMN penipuan atau hal hal yang berbau negatif lainnya tanpa adanya bukti yang jelas hanya dari kata orang saja, silakan datang ke kantor kami dan kami akan tunjukkan lahan dan proses penanamannya.
    .
    Saya sangat berterima kasih kepada pak Ardha karena panjenengan saya jadi tertarik menanam pohon jabon, namun karena dana saya sedikit, dan saya tidak punya lahan maka saya mempercayakan ke PT GMN dan alhamdulillah saya sangat puas dengan pelayanan PT GMN.
    .
    Tentunya jika anda punya lahan sendiri yang luas, tahu cara menanam jabon, dan tahu rekanan pabrik kayu yg menjual dengan harga yang bagus, maka silakan menanam sendiri karena keuntungan jg akan lebih besar jika tanam sendiri :)
    .
    Demikian dari saya terimakasih banyak atas ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. HR. Fajar Wirabangsa25 April 2015 pukul 22.54

      Saya hanya ingin memberi masukan dan mengungkapkan keprihatinan atas keterangan bapak, Yuan ade Sukma yang dapat menyesatkan perhitungan potensi income para investor anda. Saya pebisnis kayu sejak tahun 1992 sejak umur saya 22 tahun hingga kini umur saya 45 tahun, dan saya selalu menggunakan kayu Hutan tanaman industri bukan kayu Alam. sehingga selalu berhubungan dengan penanaman, pemeliharaan,eksploitasi hingga ke idustri hilir sampai kepada penjualan produk langsung ke luar negeri. Juga saya saat ini memiliki pohon jabon yang sudah berumur 5 tahun di kecamatan Limbangan Kabupaten Garut .Saya melakukan penanaman tidak banyak, hanya sekitar 10.000 pohon, dan lokasi tesebar ( sporadis ) . dengan kondisi lahan bervariasi kesuburan dan topografinya. Saat ini saya sedang menekuni bisnis supply log jabon ke Industri wood working Pada hari Jumat tanggal ; 24-4-2015 melakukan analisa :, melakukan pengukuran lilitan, menghitung biaya eksploitasi , menghitung biaya pengiriman dll. sehingga saya dapat menyimpulkan keuntungan saya bila saya menjual kayu tsb sampai ke pabrik , sementara pohon jabon yang saya jadikan sampling adalah milik saya. Jadi saya bisa berlaku se imbang antara saya sebagai pengusaha ( bandar ) dan sebagai pemilik kayu/petani : Hasil analisa saya yang realistis sbb : Diameter rata-rata 25 cm dengan rata2 ketinggian pohon 15 meter. sementara harga jual di pabrik jabotabek :
      Rp 1.150.000 /m3 ( ukuran : 18cm-up )
      Rp 4.00.000 /m3 ( ukuran : 10cm - 17cm ) penjualan lokal sekitar lokasi .
      Dari hasil perhitungan saya , pada akhirnya memiliki kesimpulan sbb :
      1. Keuntungan saya sebagai bandar memiliki standar kecukupan profit :
      Rp 200.000/m3
      2. Harga pohon jabon bernilai : Rp 130.808 / pohon.
      3. perhitungan di atas tergantung kepada jarak kebun ke jalan dan topografi
      kebun.
      perhitungan saya berdasarkan kepada :
      1. biaya eksploitasi
      2. biaya pengiriman
      3. penghitungan kubikasi pohon dengan teknik yang benar.
      4. penghitungan jarak kebun ke jalan serta topografi kebun yang akan
      mempengaruhi besaran biaya eksploitasi.
      Saya tidak bisa bayangkan estimasi potensi income yang anda berikan itu berdasarkan perhitungan darimana? sangatlah tidak masuk akal, dan menyesatkan , Seberapapun bagusnya bibit yang anda miliki tetapi saya yakin tidak akan jauh dari perjitungan saya diatas. Perlu di garis bawahi adalah seberapun tingginya jumlah kubikasi pohon yang dihasilkan akan di ikuti juga dengan biaya eksploitasi .... Sah2 saja anda menjual bibit berapapun, itu adalah bisnis. Tetapi janganlah membuat estimasi potensi income yang tidak realistis, karena akan mengecewakan para investor anda. Dengan perhitungan yang real saja sudah cukup menguntungkan namun tidak bombastis, fantastis.... dan itulah bisnis yang real, tidak ada bisnis yang fantastis kecuali hanya fantasi belaka, atau menang jackpot atau undian , Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada bapak dan juga tidak bermaksud untuk menyudutkan bapak, saya hanya mengemukakan fakta, karena saya adalah pelaku bisnis kayu hutan tanaman Industri juga sekaligus pemilik dan penanam kayu tanaman idustri tsb. Bila bapak atau rekan2 akan menanyakan mengenai dasar perhitungan saya tsb secara detail . silahkan mengirimkan email ke : fajarwirabangsa@gmail.com atau sms / telpon ke no :
      082129779999 terimakasih ,
      HR Fajar L.M Wirabangsa .


      Hapus
  47. Bapak yuan, kami di cilacap ada jabon sejumlah bebrapa batang berusia 4 tahun dan berdiameter 20 cm keatas, bapak juga bisa melakukan panen sekarang kami jual hanya 150 sd 200 ribu per batang. Daripada 250 ribu baru mau tanam mending beli ini jelas sudah siap panen. Hub narko cv sji.

    BalasHapus
  48. kepada yth pak Narko, wah justru saya masalahnya saya yidak ada link untuk menjual kalau nanti saya panen, makanya saya ikut meenyerahkan ke PT GMN untuk menjualkan :) saya hanya tinggal tahu beresnya saja.
    .
    kalau jual sedikit sedikit begitu otomatis harga jual JAUH sangat RENDAH, karena pabrik besar ndak mau terima ecer seperti itu, jadi ujung2nya kita jual ke tengkulak paling sekitar 100-300 rb per batang. tengkulaknya untung besar karena mereka mengkoordinir dari ecer2 tadi untuk dijual ke pabrik2 besar, dimana harganya jauh lebih bagus.
    .
    Kalau kita punya lahan luas, paling tidak kita punya BARGAINING POWER yang tinggi, karena mereka juga sangat membutuhkan kayu sebagai bahan baku. Mereka mau menerima dengan harga tinggi tapi ya itu syaratnya, pabrik2 besar mintanya harus kualitas kayu yg bagus, dan bisa supply mereka secara kontinyu. Karena kalau tidak otomatis mereka jg akan bangkrut karena mereka sangat dependen terhadap pasokan bahan baku.
    .
    Berikut pabrik rekanan PT GMN.
    PT. Inka Mutiara Mas – Ciamis JABAR (Bahan Baku Bare Core): 300 Kubik / Hari
    PT. Gemilang – Karawang JABAR (Bahan Baku Pensil) : 100 Kubik / Hari
    PT. Benua Jati – Gresik JATIM (Bahan Baku PLYWOOD) : 400 Kubik / Hari
    .
    Mereka berani terima dengan harga jual tinggi mencapai 1,2-1,6 jt per m3 asalkan mampu memenuhi kriteria mereka. Dan sampai saat ini pun PT GMN masih kuwalahan dan sibuk mencari partner untuk ikut menanam pohon, dan akan terus ekspansi lahan.
    .
    InsyaAllah dalam waktu dekat PT GMN jg akan membuat pabrik pengolahan kayu sendiri sehingga harga bisa lbh terjamin :)
    .
    .
    Tak lupa saya haturkan terima kasih lagi kepada pak Ardha sudah memuat komentar2 saya, terimakasih banyak...
    .
    bagi yg punya lahan sendiri yg luas dan punya skill serta punya link penjualan yg mau terima dengan harga bagus saya recommend beli bibit di pak Ardha (y) kalau yg ndak punya lahan seperti saya dan bukan petani yg baik dan ndak tahu mau dijual kemana bisa menitipkan lewat PT GMN bisa kontak saya di www.i-gistmalang.com maturnuwun...:)

    BalasHapus
  49. semua diatas teori gan, faktanya dari 1 hektar kebun jabon yang masuk kriteria mareka paling 10 persen, sisanya dianggap rijek. 1 pohon bisa sih laku 1 juta, syaratnya lahan subur, jarak tanam 6x6 cm dan dipupuk 100 kg/pohon/tahun dan di airi saat kemarau, tapi apa biayanya masuk akal gan? dan itupun gak bakalan merata. ada ada saja gan, aklau hasilnya jutaan BANK NASIONAL AKAN MENGUCURI KREDIT KE GMN GAN, jadi GMN tak perlu menggalang dana masyarakat, bukan begitu kalau masih nalar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Josss.. dan pelaku mlm biasanya tidak perduli dgn kwalitas produk. Bahkan mereka akan cenderung membuat testimoni palsu demi pengembangan downline n meraih keuntungan. Itu simple nya gan hewhew

      Hapus
    2. Sangat LOGIS.... bilamana investasi ini sangat menjanjikan....PERBANKAN SIAP MEMBERIKAN KUCURAN KREDIT...dan pihak kementerian KEHUTANAN pasti akan merokemandasi petani seindonesia berinvestasi menanam jabon pada lahan kosong terutama daerah kalimantan, sulawesi, sumatra....dll...Istighfar...istighfar...

      Hapus
  50. ya sudah kalau ndak percaya ya terserah anda, kalau prinsip saya sih selagi bisa ndak kredit mengapa harus kredit? sama kayak kita membeli mobil, selagi bisa ndak berhutang kenapa hutang, kalau kredit akan lbh mahal, kita bisa saja kredit ke bank, tapi tujuan kita jg memfasilitasi masyarakat yg ingin jg berinvestasi di kayu tp ndak ada lahan atau tenaga profesional dan ndak tahu link penjualannya, saya rasa itu win win solution :)
    .
    mau berpendapat seperti apa ya terserah anda, lagian kita tdk menjamin per pohon PASTI LAKU 1 JT? tlg dibaca lg komentar2 saya,
    .
    matur nuwun pak Ardha, kok jadinya blognya dibuat berdebat, :) kalau ndak setuju dihapus saja ndak papa, o iya pak Narko lewat jalur pribadi saja kalau chat, sungkan sama yg punya blog, sekalian kita silaturrahmi biar ndak ada rasa saling curiga, kita ndak ada niatan sama sekali mau tipu atau merugikan, silakan jg main ke rumah saya di Malang kalau ada waktu, maturnuwun, wassalamualaikum wr wb,
    .
    o iya bisa di add fb saya https://www.facebook.com/yuanadesukma biar silaturrahmi makin akrab, tak lupa saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa :)

    BalasHapus
  51. Wah wah, tabiat orang indonesia yg belum sadar hukum, menuduh tanpa bukti, hanya asumsi saja, tidak tahu apa kalau bisa dituntut pasal 310 KUHP delik aduan pencemaran nama baik, bisa saja PT GMN mengajukan tuntutan. Hati-hati jika berkomentar, walaupun hanya di dunia maya. Dan mohon pemilik website ini memfilter komentar komentar yang negatif karena bisa juga terkena tuntutan karena ikut memfasilitasi pencemaran nama baik. Di bawah tertulis berikan KOMENTAR POSITIF, yang negatif negatif kok ya di comot saja.
    Daripada ribut, buktikan saja PT GMN memang penipu, atau silakan cari nasabah GMN yang merasa dirugikan, jangan hanya berpendapat tanpa bukti. Kok saya lihat komentar yg ikut GMN baik saja ya. Saya tidak membela PT GMN saya hanya risih melihat komentar komentar di website ini, tolong lebih hati hati dan bijak dalam berkomentar. Cari bukti dulu baru tuduh penipuan, menuduh penipuan dan ngibul tanpa bukti itu melanggar hukum.
    Salam, Sugiarto SH

    BalasHapus
  52. Enak saja, jelas GMN melakukan pelanggaran hukum karena : 1. menggalang dana dari publik tanpa seijin OTORITAS JASA KEUANGAN.
    2. Tidak memiliki laporan keuangan yg bisa di audit oleh akuntan publik ( melanggar UU KIP )
    3. bisakah PT gmn memberikan rincian. Dari dana yg masuk itu digunakan untuk apa? Dan bisakah dibandingqn secara layak dengan standar biaya nasional?
    Jangan sekedar menakuti dan mengancam, masyarakat berhak KRITIS karena GMN menghimpun dana dari khalaya ramai, kalau anda menggunakan dana sendiri tanpa menghimpun dana masyarakat tentu kami tidak akan memberikan kritikan, bedakan antara pencemaran nama baik dengan KRITIS

    BalasHapus
  53. Kepada YTH bpk Sasono Tedjo, tolong dijelaskan melannggar UU KIP itu seperti apa? otoritas jasa keuangan seperti apa yg dimaksud? di audit akuntan publik itu seperti apa? monggo bapak bawa akuntan bapak ke kantor nanti biar clear semua, sekalian kenalan dengan direksi dan tim penasihat hukum kami biar dijelaskan dengan baik, karena saya jg awam masalah hukum, alamat ada di http://www.i-gistmalang.com/kontak/ kalau PT GMN melanggar hukum ya silahkan dilaporkan ke Polisi, lagipula kalau melanggar hukum ya ndak mungkin kami survive dari tahun 2005 sampai sekarang, :) monggo lah datang ke kantor akan kami jelaskan sejelas2nya mulai dari ijin sampai biaya2 yg terkait, kalau online seperti ini ya ndak bisa puas dan detail...enak gitu kan? matur nuwun...salam hormat...mohon maaf lahir batin...

    BalasHapus
  54. namanya juga nipu..silahkan survey ke petani jabon. kalau memang hasilnya seperti yang IGIST kibulkan, pasti petani jabon sudah pada kaya. sudah pada naik HARRIER. kenyataannya yang kaya adalah pengurus teras IGSIT saja.

    BalasHapus
  55. Mengenai program baru Investasi Jabon yang sekarang saya rasa itu terlalu cepat dan aneh, kenapa? Perusahaan MLM yang menerbitkan program investasi murni seperti Jabon ini jelas sangat beresiko, karena dana yang digunakan murni dari masyarakat. Jika gagal panen kan, otomatis beban resiko ditanggung full oleh masyarakat, trus katanya ada pohon cadangan sebesar 20% dari total semua pohon, nah pertanyaanya kalo misalkan pohon cadangannya pun ada 100% ( hehe, ini asumsi yang saya dapat karena saya kira tidak mungkin dengan uang 8 jutaan dapet cuma 50 pohon, terlalu sedikit itu ) dan kalo misalkan semua pohon cadangannya juga gagal panen, nanti masyarakat dapet penggantian tidak? yah minimal sebesar uang yang telah dikeluarkan? Trus kalo emang perusahaan pengen dapet dana dari masyarakat buat mengembangkan bisnisnya kenapa gak melakukan IPO aja dan menjual SAHAM di LANTAI BURSA atau menerbitkan OBLIGASI? bukan malah menggalang dana PUBLIK ???

    BalasHapus
  56. Berinvestasi juga perlu waspada !

    Waspadalah jika Anda menerima suatu tawaran pengelolaan dana atau investasi yang menggiurkan karena menawarkan imbal hasil (return) yang cukup tinggi. Bisa jadi tawaran tersebut justru akan merugikan Anda di masa mendatang, karena Anda ditipu !

    Pastikan bahwa orang/perusahaan yang melakukan penawaran tersebut telah memiliki izin sesuai dengan peruntukannya dari salah satu lembaga yang berwenang seperti :

    Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Departemen Keuangan

    Bank Indonesia (BI)

    Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti), Departemen Perdagangan

    SELALU INGAT, bahwa :

    Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) BUKAN IZIN untuk melakukan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi

    Jangan tergiur dengan janji keuntungan yang tidak wajar

    Segera laporkan kepada Polisi atau Sekretariat Satgas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum Di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi bila mengetahui ada tawaran penghimpunan dana dan pengelolaan investasi ilegal atau mencurigakan.


    http://waspada-investasi.bapepam.go.id/

    BalasHapus
  57. Sekali lagi saya haturkan terima kasih kepada pak Ardha sudah bersedia memuat komen2 saya dengan fair sehingga PT GMN tidak dihakimi dari satu fihak saja yang cenderung negatif.
    .
    Untuk teman2 lain yang ingin mengetahui lebih lanjut dan meneliti tentang kelegalan PT GMN silakan dilihat http://www.i-gistmalang.com/profil-pt-global-media-nusantara/ ijin lengkap, dan sudah mendapat sertifikasi MUI serta ISO. Di www.i-gistmalang.com jg lengkap bukti penanaman, bukti panen, dsb, jika masih krg yakin jg silakan datang ke kantor, akan kami antar ke lahan, jika PT GMN memang menipu atau melanggar hukum ya silahkan lapor polisi dsb, daripada berpendapat hanya dari pendapat2, nah sekarang saya tanya apakah anda yg berpendapat2 negatif itu sudah membuktikan sendiri memang PT GMN penipu? saya yakin tidak, hanya dugaan2 saja,
    .
    Ini komentar saya terakhir, saya sungkan sama pemilik blog ini, ngapunten pak Ardha, blog nya dibuat eyel2an...jika ada pertanyaan enaknya silakan kontak saya lewat facebook, ym atau telp/ sms monggo di cek di http://www.i-gistmalang.com/kontak/
    .
    Tolong dibedakan antara tanya dan interogasi, karena tanya jg punya etika, anda sopan insyaAllah akan kami bantu sebaik mungkin
    .
    maturnuwun sanget P. Ardha..., mohon maaf atas segala kesalahan..
    wassalamu'alaikum wr wb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saudara/saudari Yuan Ade Sukma ini sebenarnya investor di PT. GMN atau pekerja marketer online PT. GMN ??. tata bahasa anda cukup rancu. saya bukannya berniat menyerang anda dan membela penulis artikel ini. tapi penggunaan kata anda menggelitik saya untuk berkomentar.

      di komentar pertama anda tepatnya di paragraf pertama. jelas-jelas anda mengatakan ini --> "SAYA adalah NASABAH PT GMN dan SAYA sangat puas dengan pelayanan yg profesional. SAYA lihat sendiri lahan dan memang benar pohon ditanam sesuai dengan yg tercantum di sertifikat yang bertanda tangan notaris diatas materai."

      tapi sejurus kemudian di paragraf ketiga anda mengganti kata objek "Saya" menjadi "Kami". bahkan ada kalimat yang jelas-jelas merubah posisi anda dari seorang Nasabah menjadi objek pertama (PT.GMN) --> "Harga tersebut sdh KAMI bicarakan dengan rekanan kerja pabrik KAMI insyaAllah mau membeli dengan harga bagus asalkan kualitas kayunya jg bagus".

      kalau anda memang investor yang (akan) menuai hasil melimpah. ya sudah.. anda tunggu sampai tiba masa panen dan bungkam semua komentator yang di sini dengan hasil panen anda. yang namanya kedok penipuan itu cara menebusnya hanya dengan bukti nyata, bukan dengan asumsi. tanpa bukti. image penipu akan terus melekat.

      Hapus
    2. Yup betul si yuan ga konsisten awalnya blg nasabah eh d pertengahan sebut perusahaan kami... yuan yuan ketauan ngibulnya... trus si yuan bilang perusahaannya udah berdiri dari tahun 2005 klo gt udah perbah panen dong,,, tapi ada pernyataan dari investor perusahaan ini baru mau berjalan... semakin ketauan tipunya...

      Hapus
    3. MUI?? Sudah berapa banyak perusahaan dgn platform investasi yang scam dan telah berCAP MUI. ????

      Hapus
  58. Kepada Yth Bpk Yuan saya juga calon investor yang awalnya berminat menghimpun dana saya di PT GMN, namun kebetulan nyasar di web ini dan jadi ragu
    coba anda baca kembali postingan rekan/partner anda diatas sendiri (sebagian saya kutip/copas kembali di postingan saya paling bawah),,
    katanya ini project perdana PT GMN,, tetapi komentar anda diatas kok bilang Di www.i-gistmalang.com jg lengkap bukti penanaman, bukti panen ???



    saya tanya apa PT GMN pernah panen, jadi tahu persis hasilnya? lha wong foto foto saja banyak yang kopas dari blog rekan kami di www.timberestate.com dan www.asaforest.com, blog ini dan blog www.jabonkendal.com
    bayangkan kalau memang PT GMN bonafit tentunya gaka sal comot gambar orang dan tentu ada berita pemanenan yang akurat.
    masyarakat sudah terlalu banyak dibohongi pak, kalau terus dibohongi maka semangat menanam akan menurun..kejujuran itu no 1
    Diaz Allan10 Oktober 2012 11.16

    kebetulan ini project perdana kami,,, namun untuk program kami di lapangan pimpin oleh ahli dari pusat litbang konserpasi dan rehabilitasi kementrian kehutanan yaitu BPK PROF DRS ABDULAH SYAM MS C, dimana beliau sudah sangat berpengalaman dibidang jabon. dan InsyaAllah kami akan memberikan yang terbaik bagi customer kami.

    BalasHapus
  59. ciri2 penipuan nih...waspadalah...waspadalah

    BalasHapus
  60. 1 M...satu hektar....lu gila ndro??....jelas ndak masuk akal,...??

    BalasHapus
  61. 2jam sblmnya, saya ditawari trus cek cek di gugel ajah , lha kok di link ini http://flexterkita.com/?pg=custom&type=cx&id=5 katanya gerak di bidang dealer pulsa :p bukan di yg diributin mas" hebat di atas ane (dan bisa dilihat perbedaan foto yg di sotoshop :p )
    jadi hahaha 1 milieeuurrr,, monggo linknya bisa dilihat heheheeee ada ada saja, untung ada mbah gugel, trimakasih klinik gugel :D trimakasih semua,, go green tapi jangan go blog :D

    tabur benih sesungguhnya42o

    BalasHapus
  62. alhamdulillah, sekarang masyarakat suda pada mengerti, kalau di indonesia seekarang banyak yang pada pinternya berlebihan tanpa dasar yang kuat, yang akhirnya minteri temannya ( saudaranya ) sendiri. sekarang dalam hidup tidak usah muluk muluk, yang penting cukup. mau makan cukup, mau belanja cukup, mau sedekah cukup, mau beli ruma cukup, niat beli mobil eh dana cukup. mau haji alhamdulillah kok cukup. hidup cuma sekali. toh nanti juga ndak bawa jabon ( eh maaf ). ya kalau memang benar 1 ha = 1 m ya Alhamdulillah. tapi semua itu harus realistis. jangan cuma perhitungan aja. tidak di pikir hal hal negatifnya. thanks untuk artikelnya. admin. jadi semua kalau mau terjuan ke dunia bisnis. harus teliti, dan tanya tanya ke orang lain dulu biar tidak masuk ke jurang. salam untuk indonesia yang sudah lebih ngerti ( bukan pinter )

    BalasHapus
  63. Alhamdulillah, sekarang di negara kita banyak pada orang ngerti, kalau mau cari rejeki mbok ya jangan muluk - muluk, yang akhirnya ketumpuk utang, mendingan cukup, ( mau makan cukup, mau sedekah cukup, mau beli rumah cukup, mau beli mobil eh cukup, buat haji, alhamdulillah cukup juga. sekarang banyak orang yang pinter bukan ngerti yang akhirnya minteri yang lain. kalu mau buat perencanaan ya jangan yang menjerumuskan, yang lebih realistislah, kasihan nanti yang lain yang ikut ikutan tapi ndak ngerti akhirnya ......., untuk admin terima kasih sudah mau ngeshare ilmunya. biar kita orang awam bisa memilih mana yang sesuai keadaan dan mana yang jadi perencanaan yang nantinya menjadi angan angan yang tak kunjung datang. mohon maaf semuanya kalau secuil kata saya menyinggung, tolong dimengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jadi banyak referensi dari postingan ini...dalam berinvestasi, jangan mudah percaya dan waspadalah dengan janji manis/ keuntungan yang terlalu berlebihan...

      Hapus
  64. Trimakasih bayak atas kejujuran bapak...kalo tidak selama 6 tahun saya udah jadi tidur di Bedeng bersama istri dan ke 2 anak saya... jaul rumah beli tanah tanam jabon, iming-iming milliaran rupiah...memang "Dia" niatnya baik sih...tapi kurang jujur kayak bapak...Thank's PAK.

    BalasHapus
  65. sebenarnya ngga tepat kalo membahas pt xxxx itu disini, tapi saya jadi penasaran :P kenapa ya dibukti legalnya ada sertifikat MURI & MUI yang menurut saya ngga sesuai sama bidang usahanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikat MUI sesuai kok gan.. hanya saja sudah berapa banyak perusahaan serupa yang bersertifikat MUI dan ujung2nya scam

      Hapus
  66. Mau nanya Pak..untuk daerah kaltim cocok nanem apa ya? Saya punya lahan tidur 10 ha...trims..

    BalasHapus
  67. takutnya GMN ini ujung2nya ponzi...yang uplinenya naik haji, umroh plus bonus2 lainnya..eh malah yang downline gak dapat apa2...itu dzolim namanya..

    lihat aja situsnya http://flexterkita.com/?pg=home, flexter tu dulu situs mlm pulsa yang sekarang udah bangkrut...eh kok malah masih pake disitusnya tapi isinya tentang gmn...padahal apa susahnya PT GMN yang bergerak di multimedia dan IT mengganti situs flexter..

    websitenya greenmilyarder dibuka aja susah padahal katanya GMN perusahaan multimedia..

    dan untuk yang marketer IGIST anda harus berani tanggung jawab, nanti jikalau downline anda tidak mendapatkan apa2...berani nggak?

    BalasHapus
  68. Itu GMN sudah memasukkan tokoh ormas islam sebagai komisarisnya, apakah nanti ada efeknya terhadap ormas islam tersebut ketika ada masalah????
    Flexter dulu MLM Pulsa yg bangkrut cuman masyarakat tidak banyak nuntut karena yg diinvestasikan hanya beberapa ratus ribu. sekarang muncul i-gist saya dulu ikut flexter ga bisa berkembang karena harga kalah bersaing dan yg dikembangkan hanya cari komisi dari member baru dan ketika sampai titik jenuh kolaps akhirnya..... apakah nanti i-gist berakhir tragis sama dgn Flexter????

    BalasHapus
  69. Ada yang tau PT Gunung Bayan Pratiwi ga.... investasi perkebunan sengon..... itu penipuan ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya PT gunung Bayan itu perusahaan tambang batubara..

      Hapus
  70. Dari pada rame pada debat gak jelas ...nanti gak tanam -tanam malah bumi kita tambah gersang .
    Nich saya kasih tahu caranya kalau pingin benar-benar untung gede . Bahkan tanah dan hasil Jabon sama saja dengan barang nemu .
    Caranya adalah : Tanam Jabon tumpang sari dengan pisang Cavendish dan Lengkuas .tanam Jabon jarak 3mx4m diantara jalur yang 4m tengahnya tanam pisang cavendish , diantara jarak 3m tanam lengkuas .
    Total ada pohon Jabon 800 phn , Pisang Cavendish 800phn , Lengkuas 8000 rumpun .
    Hasilnya : Pisang 800phn x 60.000/ph =Rp 48.000.000
    Lengkuas 8000 rumpun x 4kg x Rp 3000=Rp 96.000.000.
    Hasil panen pisang dan Lengkuas untungnya bisa untuk tanam jabon dan bayar tanah sehingga biaya tanam jabon dibiayai oleh Lengkuas dan pisang .
    Sama saja bahwa Jabon adalah barang nemu , kalau Jabonnya panen dapat uang Rp 300 jt bersyukur , kalau dapat Rp 1 Miliar juga ada kemungkinan karena Jabonnya mendapat supply makanan yang cukup serta mendapat pantauan secara intensif dan tanah juga cukup lembab sehingga Jabon akan subur.
    Kalau khusus masalah ini anda semua tidak perlu mendebat , tinggal meniru saja .
    Tumpang sari bisa dengan Jahe.

    BalasHapus
  71. PT. GMN itu dari dulu emang usahanya MLM... dulu usala MLM pulsa FLEXTER ..bangkrut..(meninggalkan banyak member yang akhir2 masuk dan tidak mendapatkan bonusnya). sekarang putar haluan...JABON.... ooooh...MLM... kejam sekali ... mengisab harta orang dengan cara kebodohan... dengan rumus "CEPAT KAYA"......

    BalasHapus
  72. Selamat siang, gan..
    Nih faktanya klo sdr. Yuan Ade Sukma itu ya salah satu pengurus bisnis kayu Jabon itu.. bukan nasabah.. Bisa di check di link berikut :

    1) http://www.loker.web.id/profile/yuanadesukmagmail-com

    Cuma yg ane temuin dia ikut di perusahaan "Green Leaf Indonesia".

    Bersyukur ane browsing - browsing dlu sebelum nglamar kerjaan di perusahaan itu.

    Soalnya gaji yg ditawarin emank menggiurkan untuk seorang lulusan SMA / SMK, pegawai bank yg S1 aja kalah.. wkwkwkwkwkkk

    Disitulah ane mulai curiga, dan bersyukur bisa mampir dapet inpo di blog ini.

    Thanx.. Waspadalah !!! Waspadalah !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh gmn dgn bisnis jahe gajahx ya.. rasio apa kagak??

      Hapus
  73. Saya termasuk yg di tawari i gist....
    Tapi banyak yg membingungkan saya ya....
    1. Katanya pertama tanam pohon bulan sept, 2011 tapi kok katanya sudah sering panen diantaranya tahun 2012..... emang bibitnya super unggul ya hingga blum 1 tahun dah panen.
    2. Semua rekor dan sertifikat bukannya dlm bidang IT ya..... bukannya pohon.
    3. Katanya salah satu Rekanan adalah pt. Inka, tapi sy tanya anak sy yg kerja di sana kok nggak ada yaaa, mmg katanya pernah menjanjikan kayu, tapi sampai berbulan dan hampir tahun kayunya gak muncul sebatang pun, sampai akhirnya perjanjian kerja samanya di batalkan.
    Banyak lainnya tapi itu yg paling jd tanda tanya.

    BalasHapus
  74. Saya termasuk yg di tawari i gist....
    Tapi banyak yg membingungkan saya ya....
    1. Katanya pertama tanam pohon bulan sept, 2011 tapi kok katanya sudah sering panen diantaranya tahun 2012..... emang bibitnya super unggul ya hingga blum 1 tahun dah panen.
    2. Semua rekor dan sertifikat bukannya dlm bidang IT ya..... bukannya pohon.
    3. Katanya salah satu Rekanan adalah pt. Inka, tapi sy tanya anak sy yg kerja di sana kok nggak ada yaaa, mmg katanya pernah menjanjikan kayu, tapi sampai berbulan dan hampir tahun kayunya gak muncul sebatang pun, sampai akhirnya perjanjian kerja samanya di batalkan.
    Banyak lainnya tapi itu yg paling jd tanda tanya.

    BalasHapus
  75. noh ... si JUAN ADE SUKMA KENA BATUNYA, dia kan cuma cari DOWONLINE

    BalasHapus
  76. Em lihat ini http://www.elilovely.com/category/traveling/asia/bali/
    Ini situs dari istri pemilik P T. G M N, Global Media Nusantara, termasuk PT GAB. Eli Rohayati.
    Memang bisnis kapitalis semua berbasis piramida, jadi jelas larinya uang kemana.

    Bukannya sirik, tapi memang begitu. Dan kenapa kok bisnis pohon,
    Karena itu semua adalah ide. Ide yang membuat banyak orang tertarik.
    Memang biaya produksinya nya ga semahal yang dipatok, seperti yang sudah dijelaskan diatas, saya yakin para pemilik dan investor pohon ini ga tahu detail mengenai budidaya pohon jabon, etc ini. Tapi itu ga penting. Mereka bisa bayar mereka yang ahli.
    Dan seperti semua master (saya sebut mereka yang punya kemampuan menghasilkan uang semaunya) yg tinggal cetak seberapa banyak dia mau - terjemahannya, ubah aturan mainnya, ubah harganya semaunya ini ya memang semaunya dia, kan ini bisnisnya dia.

    Bahkan dia franchisekan sistemnya dia, jadinya kita lihat banyak situs yang tampilannya sejenis, omong hal yang sama, etc.
    Makannya G M N yang jelas-jelas perusahaan berbasis teknologi ples beberapa produk yang ga nyambung dengan pohon itu adalah bisnis utamanya dia.
    Apapun nanti tren bisnisnya, perusahaan teknologinya dia akan menduplikasinya.
    Plus selain dapat uang dari para anggota, mereka juga dapat uang dari bisnis iklan termasuk google adword. Jadi semakin banyak orang membicarakan bisnis ini, baik suka atau tidak suka, mereka akan cari di mbah google, lalu klik dan klik (buat yg awam, coba cari bisnis google adword, atau pay per click).
    Pola ini sangat terlihat di setiap website yang ada i-g i s t nya, bentuknya seperti halaman penuh iklan, kiri kanan, dengan blink2, promosi2 lintas agama, kekayaan, potongan etc. Lalu di artikelnya, beberapa kata disisipkan link-link tertentu, judul-judul yang membuat orang semakin lama ubek2 websitenya.
    Tiap klik, kita memberikan uang ke mereka (termasuk saya... sial, tapi keren kmu pak).
    Bahkan ITBpun, tempat dia dulu kuliahpun tak luput dari jaringnya G M N. lihat blog dot itb do ac dot id

    Ya memang yang membedakan niatnya, memperkaya diri sendiri (tak peduli dibalut dengan misi sosial, lingkungan hidup, bandingkan dengan banyak model yayasan, etc) atau memang untuk masyarakat (revolusi ekonomi).
    Jadi untuk go publik, rasanya pak wira dan kroninya (orde baru banget) tidak mau ruwet dengan sistem derivatif yang njelimet. Yang sederhana ini saja sudah bisa bikin piramida yang "mungkin" menjamin hidup keluarganya sampai 7 turunan kali.... tapi polanya sama kok (bukan diartikan negatif).
    Bandingkan dengan kasus Madoff, Ponzi dan para koruptor kita yang serakah itu....

    Jadi buat yang sudah jadi anggota, Anda sekarang tahu kemana sebagian uang Anda digunakan (sejak 2005)... Jalan2, holiday seperti itu bisa dihitung berapa biayanya.
    Ini bisa jadi motivasi... (tapi jangan berhayal, lewat sistem ini Anda bisa menyamai rekor sang istri dan keluarganya lho... Anda semakin sukses, dia berpuluh kali sukses daripada Anda), atau jadi bahan perenungan petualangan menuju kesuksesan Anda sendiri; cara Anda, Ide Anda, Sistem Anda.

    Tetap jaga kesadaran dan kenormalan Anda.

    BalasHapus
  77. Pak Arda Saya Sangat Saluttt...Kpda anda...ulasan dan reply tanggapannya Masuk akal dan tidak tipu2...Karena saya pernah beli bibit dari anda langsung ke Lokasi 1000 btg bibit yg sudah saya ambil 300 btg bibit trus sya tanam di Kab. Bandung ( untk Percobaan )...Alkmdullillah...Pak...kurang lebih 2 tahun Hasil tanamannya tumbuh Menggembirakan( meskipun kurang intensif pemeliharaannya )...dan yg 700 saya titipkan ke pegawai bapak dan Papanda yg waktu itu dilapangan melayani saya ( karena sya belum bisa menyiapkan lahan yg di Ungaran Timur ) dan untuk hal itu, kemunkinan akan saya ambil dan tanam musim tanam 2014 InsyaAllah...Bersama tanggapan ini sya Mengucapkan Terima Kasih pda JabonKendal.Teruslah Berkarya..Untuk Kemajuan ekonomi Bangsa Indonesia yg kita Cintai ini...WSlm...edisonremon@gmail.com Banyumanik Semarang

    BalasHapus
  78. semua artikel bagus asal dilandasi dengan penelitian yg jelas.tapi jangan bohongi masyarakat.mana ada bertanam kehutanan bisa hasil 1M dlm 6-7 thn.dalam 1 ha lahan.itu kebongan besar

    BalasHapus
  79. Dulu pernah PT.GMN usaha pulsa dgn pola MLM namanya FLEXTER.... nah itu udah bangkrut entah kemana. sekarang ganti bisnis ke I-GIST Jabon... ga tau survivenya sampai mana???

    BalasHapus
  80. Ini yg rame dibahas disinu bukannya mlm pohon yg bikin seteru artis dan financial planner terkenal itu ya? CMIIW

    Salam,
    Lk

    BalasHapus
  81. Mohon ijin posting Pak Ardha, sambil sharing buat yang baca site ini, tentang kronologis kemarin yg sempet membuat hati tergelitik tertawa, kemarin saya liat posting FB di tmn sy ada pertemuan i-gist di bali, kebetulan temen saya di tag, dan saya pun baca dan melihat beberapa foto foto dari orang yang melakukan pertemuan itu, insting saya mencium sesuatu yg nggk jelas, langsung aja saya browsing dan menemukan link sambungan di Ojk, link itu pun saya posting di tag temen saya, dan saya bilang disana 'buat temen saya si "ini", sya berikan link untuk diperhatikan, nomer 50, eh.....baru posting sekitar lima menit udh ada komen positif yg berterimakasih atas infonya, dan ada satu orang lagi yg komen bahwa dia jg kerja di salah satu perusahaan pendiri ojk mengatakan makasi infonya buat semua........baru satu jam kemudian komen saya dan ketiga orang yg berkomen positif malah dihapus oleh si orang yg ngetag tmn sy........sy cuman bisa tersenyum simpul.....andai aja kepintaran kita pake buat jajah negeri seberang......bukannya membodohi masyarakat dan memiskinkan temen temen se Indonesia......

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau balas komen 2 tahun lalu.hehe
      karena kronologi mirip seperti yg saya alami.
      saya ada tmen yg udah berteman sejak kelas 1 stm bahkan dulu sering duduk sebangku..

      nah diawal bulan januari teman saya ikut program igist tanam jabon.
      saya penasaran akhirnya cari di goolge, ketemu deh blog ini.
      pass saat tmen saya buat status di facebook saya komen dengan link blog ini serta link brita ttg ojk nomor 50 tersebut.

      alhasil 2 jam kemudian komen saya dihapus dari fb nya. bahkan saya diblokir dari pertemanan..
      2 grup whatsapp yg saya ada di grup tersebut pun dia left.
      sampai ² nomor whatsapp saya diblokir juga..

      saya sampai berfikir sebegitu hebatkah IGIST Jabon sehingga pertemanan yg sudah lama sampai seperti ini???

      saya juga kroscek nama ² dibalik igist salah satunya pak umyung. dan ternyata dia juga pemain MLM umroh haji.

      website ² pendukung seperti Top profil dari pak wira pun seperti hanya rekayasa saja..

      sampai saking penasarannya yg katanya dapat rekor MURI mengkatifkan 100 website dalam 30 menit ( gak nyambung ama JABON) saya cek tidak ada nomor rekor MURI PTGMN di website resmi MURI. karena semua rekor MURI di web resminya hanya mencantumkan deskripsi dan foto ² ..

      Jadi silahkan berpikir rasional & cari data valid

      Hapus
  82. hindari bisnis mlm. syubhat mendekati haram. banyak tipu2nya.
    mari menanam, menjadi petani. untuk indonesia hijau.

    BalasHapus
  83. Untuk semuanya, terima kasih atas informasi berharga ini.

    Pak Ardha,
    Saya membaca di www.hutanrakyat.com mereka menawarkan investasi jabon.
    Apakah menurut Bapak investasi ini masuk akal?
    Mohon maklum saya masih awam dalam hal ini.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg baca2 proposal hutanrakyat.com milik asa forestry nih

      Ditunggu komentarnya mas Ardha

      Hapus
  84. Saya orang bodoh tapi ingin belajar ber investasi,,satu setengah tahun yang lalu saya menyemplungkan 10jt di i-gist malang daerah ijen,,saya berharap ini bukan abal2,,saya tidak tahu mana yang putih dan hitam,,jujur dalam hati saya bimbang hingga detik ini dg kebenaran 5 tahun lg,,tp saya yakin dlm doa jika ini bukan abal2,,meskipun ini abal2,,orang2 yang terlibat pasti akan kena laknat Allah,,ini pin saya 2b3c37f4 andaikan ada org yang ingin tahu kelanjutan investasi ini,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat nomer 50
      http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/10/095051726/Ini.262.Perusahaan.Investasi.yang.Tak.Mempunyai.Izin.OJK

      Hapus
    2. lebih bagus nabung saham selain dapat pertumbuhan IHSG dapat Juga deviden nya
      cth nya PT telkom
      dalam Jangka waktu 5-10

      Hapus
  85. Maaf Mas Ardha,
    Kebetulan saya Anak Rimba Kalimantan. Klo bicara pohon Jabon mungkin kami lebih tau. Mas Ardha mungkin kurang info ya.... di daerah kami itu ada yang beli kayu jabon seharga Rp. 1.700.000 / pohon. Ada tapinya nich Mas Ardha, Umur Pohonnya sekitar 25 tahun. Dan Biaya yg dikeluarkan sekitar Rp. 2.100.000/ Meter Kubik dengan mengunakan Truck Fuso sampe Pabrik di Pulau Jawa. Kalau ada Investor Gila silahkan Hubungi Saya.... Intinya Saya Pribadi Dukung Sampean dan Buat yg Nawarin Paket Investasi Jabon hasil sampai 1 Milyar Juga benar !!!! "KALO BOHONG JANGAN TANGGUNG - TANGGUNG BRO" & " JANGAN LUPA MAS ARDHA KALO ADA INVESTOR GILA HUBUNGI SAYA YA......" hahahahah........

    BalasHapus
  86. Alhamdulillah bisa jadi referensi saya untuk berbisnis nantinya.. seenggaknya tau kenyataan real-nya bisnis ini dari orang yg sudah terjun ke bidang ini.. semoga masih banyak ada orang yang jujur seperti pak ardha ini.. terima kasih sekali ilmu yg bermanfaat ini..
    terus semangat menghijaukan bumi kita ini,dan berbisnis, kejujuran tetap nomer 1

    BalasHapus
  87. Bila rekan2 memiliki pohon jabon berdiameter 20 cm up, saya berminat utk membeli ...
    hubungi saya : Fajar : 082129779999

    BalasHapus
  88. pegel bacanya. jidat ampe kriput. bersyukur baca tanyangan ini. mengingatkan saya untuk tidak terburu nafsu mengejar keuntungan yang fantastis. MLM oh MLM

    BalasHapus
  89. hahah..panen awal pasti akan lancar jaya, dan akan dijadikan bahan marketing untuk merekrut investor/member kembali. Ketika panen, untuk menyiasati pembayaran investasi yang dapat mengganggu cashflow perusahaan, member ditawarkan untuk berinvestasi kembali ke dana pendidikan anak atau beli pohon lagi dengan iming-iming yang lebih oke. Dengan pertumbuhan eksponensial (MLM binary), apakah mungkin perusahaan dapat segera memperoleh lahan yang sesuai. Seperti umumnya MLM binary, uang pendaftaran member barulah yang akan diputar. Sehingga mau ngga mau perusahaan akan terus menggenjot marketing, sampai pada saatnya pasar sudah jenuh, hasil investasi mulai tidak sesuai yang diharapkan, dan..
    Pada saat itulah perusahaan mengeluarkan produk baru, paket baru, dan merek baru..haha.
    piss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat nomor urut 28 dari daftar rilis update OJK per 14 Nov 2014:
      http://www.aktualita.co/ojk-memutakhirkan-data-mengenai-daftar-investasi-yang-harus-diwaspadai/1195/

      Hapus
  90. Saya punya tanah 16 ha lokasi merangin - jambi , dijual murah 85 juta saja, minat hub.085279327458 wijaya

    BalasHapus
  91. Buth kayu jabon siap panen..diamter 25cm-up..sebulan butuh 1000m3..081319396651

    BalasHapus
  92. masih ada komentarnya ????

    BalasHapus
  93. Sepertinya artikel ini dikeroyok member yg udh join sama i-gist. Tapi sebagai artikel pengimbang saya juga ingin memberikan komentar sebagai pengimbang juga. Teman saya di daerah Jogja punya pohon jabon 2 hektar dan sudah berumur 10 tahun ukuran belum bisa sebesar yang di gembor2kan igist 10cm per tahun. Dibilang bibitnya bibit unggul lah ditanam di tanah yg subur lah tapi tanah apa di indonesia ini yg bukan tanah yg subur semuanya dpt di tanami. Cuma kalau laju pertumbuhannya di markup diatas kertas ya sama juga menipu.

    Maka dari itu teman saya yg sudah lama berkecimpung di tanaman jabon tahu betul bagaimana laju pertumbuhan pohon jabon.

    Bulan lalu teman saya ini ditawari orang untuk bergabung di igist nah karena yang ditawarkan harus mengeluarkan uang sebanyak itu dan tidak masuk akal untuk harga investasi per pohonnya maka menolak untuk bergabung dan justru menawarkan pohon jabonnya yang 2 hektar itu kalau mau dibeli 2 juta per pohon dia mau atau bahkan kalau 1 jt aja per pohon dia mau melepas. Eh si member igist ini bilang "gak bisa harus dari hasil tanam igist bibit unggul ditanam di lahan yang subur" ya sudah penawaran saat itu berakhir.

    Selang beberapa minggu setelahnya si teman saya ini ditelfon oleh pihak igist dan ditawari untuk dibeli pohonnya 1jt per pohon semuanya dengan catatan jangan cerita ke siapa2 kalau itu bukan igist yang menanam. Dan akan dipakai untuk acara panen raya hasil tanaman igist selanjutnya.

    Jadi apakah seperti ini cara bisnisnya? Jika ada akad jual beli yang walaupun sah dan halal dan ada satu kalimat saja menjelaskan yang bukan sebenarnya apakah itu masih disebut akad jual beli yg syariah?

    BalasHapus
  94. Alhamdulillah sy bca blog ini. Bru bbrpa jam yg lwat di ajakin gabung di MLM yg tersebut di atas.. untung blm join. Syukron pak Ardha dan bpk2 yg lain atas masukannya.

    BalasHapus
  95. Alhamdulillah sy bca blog ini. Bru bbrpa jam yg lwat di ajakin gabung di MLM yg tersebut di atas.. untung blm join. Syukron pak Ardha dan bpk2 yg lain atas masukannya.

    BalasHapus
  96. bener sekali mas.,.,pengalaman saya jg begitu saya bingung ada yg nawarin sampe nilai nya segitu.,,.saya setuju sama mas.,

    BalasHapus
  97. kemarin liat acara seminar jabon pt.gmn igist di rbtv hari ini ikut seminar jabon pt. gmn igist di aston. Sepertinya ane uda buangbuang waktu wk wk wwkwkwk hedewh. tadi uda hampir ikut gabung juga sama I-Gist, untung saya baca blog bapak. thanks

    BalasHapus
  98. kemarin liat acara seminar jabon pt.gmn igist di rbtv hari ini ikut seminar jabon pt. gmn igist di aston. Sepertinya ane uda buangbuang waktu wk wk wwkwkwk hedewh. tadi uda hampir ikut gabung juga sama I-Gist, untung saya baca blog bapak. thanks

    BalasHapus
  99. waduh..baru niat mau invest di igist neh
    baca dari atas sampe postingnya 10 sep 2016, malah tambah bingung
    buat yg udah gabung igist dan sudah merasa dapet duit (transperan) bisa donk kami di tunjukin scrensut bukti transferanya?

    BalasHapus
  100. Sy berpikir ini ada hasil untung dari mengajak org gabung jadi dpt fee sama halnya kayak mlm, jadi wajar dia menggebu gebu merayu memastikan supaya org mau gabung agar dia dpt hasil, semakin banyak yg gabung ya semakin banyak hasilnya buat dia...

    BalasHapus
  101. Nunggu komentar selanjutnya, karena saya sedang diprospek anggota pt ***

    BalasHapus
  102. Kalau saya sih gak perlu nanam, sekarang saya cari pembeli jabon, di lahan / kebun saya 40 Ha banyak jabon, belum lagi lahan teman2 saya...kita tinggal tebang mau diameter dan panjang berapa, kalo memang harga manis dan cantik ..siap saya jual pohonnya...daripada teman2 nunggu 6 tahun dan gak jelas kepastiannya mending beli kayu siap panen, dan jual ke I-Gist...? kalo I-Gist berani beli sebagaimana janjinya maka keuntungan di depan mata dan dalam waktu proses MOU hanya 2-3 bulan....gimana ada yang minat...?

    BalasHapus
  103. Infonya sangat bermanfaat pak... Realistis.. wawasan jadi terbuka... Banyak orang yang tidak paham namun ingin untung saja... Termasuk saya tentunya... Hanya saja menggali informasi di awal lbh baik agar tidak menyesal di akhir.... Terima kasih pak admin....

    BalasHapus
  104. tq, p ardha ats infonya. sangat bermanfaat bagi saya dan semoga bermanfaat jg bagi yg membacanya. dan bg yg beri info bohong smg segera bertobat.

    BalasHapus
  105. Awas i-gist sekarang ganti nama jadi Green Leaf Indonesia. Udah enggak jabon saja, tapi Jahe juga.
    Kalo masih ada cecunguknya i-gist yang belain di sini, nih baca, mamam http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/10/095051726/Ini.Daftar.262.Investasi.Bodong.yang.Dirilis.OJK

    no 50. i-gist investasi BODONG bidang perkebunan

    WASPADALAH
    WASPADALAH
    ORANG NIPU MAKIN BANYAK

    BalasHapus
  106. jgn ngibul , mungkin hanya promosi aja biar bibitnya laku. kl buat berita kenyataan aja.
    sy pernah menggarap kebun Saingon dlm dua akan menghasilkan 1 miliar hitungan di kertas. apa kenyataannya setelah 5 tahun hanya laku 100 san juta aja. rugi tenaga waktu .

    BalasHapus
  107. Untung sya serch dulu masalah invest d *****
    Kalo tidak,angan2 jadi juragan bisa bikin setres😂😂😂
    Pantas saya dulu d kejar2 trus buat gabung.
    Harga per pohon 350,000
    Untunglah tuhan menunjukan blog ini jadinya saya terselamatkan🙏🙏🙏

    BalasHapus
  108. Asslmu alkm....
    Saya mau berbagi sedikit tentang bisnis jabon yg bisa jadi miliader.
    Begini caranya
    Jika agan2 punya jabon siap panen... Tebang dan jual pohon jabon anda dan hasilnya belikan bibit aneka macam tanaman.. Seperti klapa sawit, pohon karet, atau bisa juga sayur mayur biar ank2 kita cerdas.... Saya yakin dalm waktu 5-6thun anda udah bisa mendapat hasil 4-6jta per bulan dlam 1ha. Jadi tinggal agan kalikan aja tuh luas lahan yg agan punya....
    Itu ilmu saya yg udah saya jalani hampir 15 thun dan hasilnya alhmdulillh berkah....
    Demikian terima kasih
    Maaf mengganggu...
    Semoga ber man faat amiiiinnnn

    BalasHapus
  109. Asslmu alkm....
    Saya mau berbagi sedikit tentang bisnis jabon yg bisa jadi miliader.
    Begini caranya
    Jika agan2 punya jabon siap panen... Tebang dan jual pohon jabon anda dan hasilnya belikan bibit aneka macam tanaman.. Seperti klapa sawit, pohon karet, atau bisa juga sayur mayur biar ank2 kita cerdas.... Saya yakin dalm waktu 5-6thun anda udah bisa mendapat hasil 4-6jta per bulan dlam 1ha. Jadi tinggal agan kalikan aja tuh luas lahan yg agan punya....
    Itu ilmu saya yg udah saya jalani hampir 15 thun dan hasilnya alhmdulillh berkah....
    Demikian terima kasih
    Maaf mengganggu...
    Semoga ber man faat amiiiinnnn

    BalasHapus
  110. Kemarin ane dan rekan2 krja ditawari bos invest jabon ini, minimal 350rb, katanya dia ikut seminar di bandung, ada istri aher (gub. Jabar) juga katanya...

    Surat2 ijin perusahaan komplit, hasil produk kayu ada lantai, jam tangan dll..

    ISO juga

    Dalam hati ane ragu, cek gugel dulu eh ketemu blog ini... :D

    BalasHapus
  111. ini apa pohonjabon yang ada asuransi internasionalnya itukah? mohon petunjuknya

    BalasHapus
  112. Suami saya, rencana mau gabung juga.. Setelah saya baca berita dan komen serta masukan teman-teman aku jadi bingung ni..

    BalasHapus
  113. Ngapain si pada ribut...
    Sini kirim aja di perusahaan kami biar kelar...hehehehe
    Panjang 2 meter dan 16 up diameter = 1.100.000 / kubim

    BalasHapus
  114. saya invest dari tahun 2011, tertlis di sertifikat bulan februari 2012.
    panen sudah dilakukan dari juni-september 2017.
    informasi awal uang saya cair akhir maret 2018. sampai akhir maret 2018 info terbaru ternyata ada koreksi yang katanya pohon saya belum laku.
    tgl 24 april 2018 saya dapat kabar bahwa pohon saya ditawar 250ribu perpohon. 2 hari kemudian saya tanyakan lagi ternyata katanya yang mau beli tidak ada kabar.
    sampai saat ini 9 mei 2018 uang saya belum juga cair. padahal saya memohon balikin saja modal saya ditahun 2011 tetapi mereka ga mau dengan alasan pohon tidak bisa dibeli kembali oleh i-gist.
    semoga petinggi gmn/i-gist dapat hidayah dan semoga uang saya bisa kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu kelanjutannya bagaimana gan?
      Akad bulan apa di 2011?
      Sekarang kan udah juni2018 ,udah masuk range 6-12bulan atau belum sejak tempo panen 2017?

      Beli 2011 ,teorinya panen 2017.
      Kalau akad WIN ,cairnya duit biasanya ada delay 6-12bulan (alasan pasti macam2 mulai proses tebang perlu waktu, kendala cuaca saat nebang,udah ditebang lagi proses pengolahan jadi bahan baku,abis itu alasan proses dibikin barang jadi,product barang jadi nunggu terjual dipasarkan dulu,dsb)
      Gitu ya?

      Hapus
    2. saya sudah panen gan dan hasil akhirnya juga sudah keluar diakhir desember 2017.
      saya hanya ambil paket lelang yang 600rb/pohon,
      tapi sampai saat ini september 2018 masih belum cair tanpa ada alasan yang jelas.
      coba deh kunjungi blog pak ahmad disitu sudah banyak yg teriak

      Hapus
    3. artinya kami tertipu. sudah banyak yg teriak minta kejelasan.
      tinggal tunggu waktu aja siapa yg melapor ke polisi supaya mereka ditangkap.

      Hapus
    4. panen juni 2017, sekarang november 2018 masih ga cair dan ga tau cairnya kapan. sudah pada resah member yang sudah panen.

      Hapus
    5. panen sudah nyaris 2 tahun. boro boro uang hasil panen, uang modal kembali aja ga ada kabar. tunggu aja diberita itu yang terlibat masuk penjara. emang bangsat GMN alias I-GIST.

      Hapus
  115. Infonya sangat bermanfaat... Realistis.. menambah wawasan jadi terbuka...saat ini Banyak orang yang tidak paham namun ingin untung saja dalam bermain kayu...

    BalasHapus
  116. dengan membaca artikel ini, wawasan menjadi lebih terbuka dibidang pengetahuan dalam dunia perkayuan.... terima kasih

    BalasHapus
  117. 1pohon bisa jadi 1jt itu ,abis dipanen lalu di jadiin bahan mentah
    Diolah lagi jadi barang jadi,(product)
    Product dijual dulu oleh team marketing kalo kejual nanti baru dicairkan

    Soalnya klo igist panen jabon, yg diterima nomer antrian gan.antriannya lama bgt ya karena alasan di atas tadi (dipanen-diolah-dijadikan product-dipasarkan dulu -jika terjual baru "untung")
    Itu dapur perusahaan itu, memang.

    Sedang pemilik pohon yg udh panen cuma pasrah nunggu tiba antrian pencairan dananya

    Saya sudah test take over panen 125 pohon (jadi tdk nungguin 6tahun biar dpt nomer antrian pencairan keuntungan)
    Dipanen agustus 2017
    Di take over saat proses panen (dari pemilik pertama) november 2017
    Dapat nomor antrian 8ratus sekian .
    Sekarang Juni 2019 (1tahun 7bulan berlalu) antrian pencairan keuntungan belum sampai 3ratus
    Artinya :
    Ya ,cuma menunggu nomor antrian saja.
    Ya ,berharap memang bukan money game semata .
    Dan kapan bisa cairnya, pemilik pohon gak tahu persis kapan.

    BalasHapus
  118. berdebat masalah panen jabon : bisa aja dalam 5 tahun 1 jt atau 50 rb/pohon tapi bapak2 ada yang lupa :
    1. coba cek lokasi jabon, jika di sumatera paling 20 rb/pohon
    2. coba cek apakah jabonnya ada atau tidak, coba bawa tukang tebang dan tebang sendiri, jangan2 yg ditunjukin punya orang
    3. coba bapak2 merenung.....

    BalasHapus
  119. GIMANA JABONNYA, GIMANA I GIST, UDAH PANEN JABONNYA ?

    BalasHapus
  120. Mohon info nya pak. Harga jual kayu jabon sekarang pasarannya brp ya pak?

    BalasHapus
  121. Mohon infonya pak. Harga jual kayu jabon sekarang berapa ya pak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENIH JABON MERAH DAN PUTIH SUPER

Profil area tanam Jabon Kendal

pohon aren, memiliki nilai ekonomis tinggi