Metode Penyemaian Benih Jabon yang baik


bibit jabon cabutan

1.    Pada dasarnya penanaman BENIH JABON dengan cara di tebar seperti tanaman bayam ( tidak seperti membenihkan  sengon ) setelah tumbuh  kecambah jabon sekira 3 cm  bisa dipindahkan ke polybag. Yang perlu diperhatikan adalah media penyemaian bibit jabon perlu dijaga supaya jangan terlalu lembab karena dapat menyebabkan benih jabon terkena jamur, karena proses tumbuh kayu jabon memakan waktu antara 14-30  hari. Sebelum ditabur benih jabon media tanam sebaiknya di sterilisasi dengan cara perebusan atau penggorengan maupun penjemuran dibawah sinar matahari  guna mematikan jamur dan bibit penyakit.


2.    Media untuk penyemaian benih jabon sebaiknya diberi tutup plastik ( model bisa seperti tudung saji makanan) agar benih yang disemai tidak terkena air hujan dan angin, selain itu agar menjaga media tetap lembab. 



benih jabon yang baru saja tumbuh
penggunaan sungkup plastik untuk melindungi dari angin dan hujan

3.    selama proses penyemaian bibit jabon jangan dilakukan penyiraman terlebih dahulu, alangkah lebih baik baik media semai dibasahi dengan cara pengembunan menggunakan semprotan percikan halus.

 
4.    serangan jamur dan kerapatan  umumnya terjadi pada saat benih jabon tumbuh seukuran 3-6  milimeter, dimana benih yang terlalau rapat sebaiknya dilakukan penjarangan.


5. Tahukan anda media tanam jabon terbaik berdasarkan pengembangan dan penelitian kami serta lebih dari ratusan pelanggan kami yang telah berhasil menyemai bibit jabon,media yang terbaik adalah tanah atas (top Soil) dari kebun yang subur,media ini cukup diayak sampai sangat halus dan disterilkan dengan cara dijemur kering.

Tips lainnya akan kami berikan pada pengambilan benih jabon  kami yang memiliki kualitas baik 
( fakta : dari 200 lebih pembelian konsumen,hampir 190an orang yang lapor kepada kami bahwa benih jabon mereka tumbuh dengan baik)
(diolah dari berbagai sumber dan litbang)

Komentar

  1. terimakasih pak ardha,bibit jabon yang dikirim kemarin bagus banget,hijau dan batangnuya kokoh,tidak seperti waktu sauya ambil dari purworejo kemaren yang kuning dan batangnya seperti lidi
    salam buat keluarga .terimakasih,rencana kami mau ambil lagi musim depan buat 60 ha lahan kelompok kami

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENIH JABON MERAH DAN PUTIH SUPER

Profil area tanam Jabon Kendal

pohon aren, memiliki nilai ekonomis tinggi