Jangan Pangkas Ranting Jabon ! ( 1 )


Tulisan diatas sengaja kami tulis dengan tanda seru kenapa? karena sepengetahuan saya banyak pekebun jabon ataupun pembibit jabon menyarankan cara dipangkas/purning.sebetulnya cara pemangkasan atau purning menurut hemat saya lebih banyak mudharotnya daripada manfaatnya kenapa?.......berikut penjelasan saya : 
1.pemangkasan akan membuat kayu jabon tumbuh kedalam,akhirnya akan merusak kayu .
2.Bila terjadi serangan ulat,pohon yang dipangkas akan sangat rawan,mengapa? karena makanan ulat jadi terpusat keatas pucuk.analoginya sederhana saja,bila jabon mempunya cabang   yang      tidak  di    purning / dipangkas  maka ulat akan menyerang daun bawah dulu,selama daun diserang daun atas akan    tumbuh menjulang dan  selamat.pada saat serangan ulat berakhir ,daun bawah sudah habis tetapi daun atas    masih tersisa sangat   banyak. ini dbuktikan dalam penanaman kami di Desa Sangubanyu,Kab Batang  dimana tanpa pemangkasan ulat hanya menyerang sedikit saja,sedangkan lahan petani di dekat kami yang    dipangkas 60 persen mengalami serangan hebat.
3. batang utama tumbuh lebih mulus dan halus,dan diameter lebih besar,ini juga kami buktikan sendiri juga     dan  penanaman di PT Serayu Makmur Kayuindo juga membuktikan kebenaran hal ini,dimana tanaman  berusia 5 tahun yang dibiarkan alami tanpa pemangkasan berdiameter 35 cm,yang dipangkas hanya    berdiameter 25 cm dan ketinggian tanaman relatif sama.
alasan lainnya akan kita ulas di edisi selanjutnya

Komentar

  1. good info pak ardha, kalau gitu...titip pohon jabon temen2 jangan dipangkas ya... tengkyu (Oky)

    BalasHapus
  2. terimakasih mas ardha atas sarannya, saya juga penggemar kayu jabon. jangan bosen-bosen beri info kepada kami ya. saran dari mas menambah pengetahuan saya. makasih mas.... tisna garut

    BalasHapus
  3. terima kasih atas sarannya mas ardha, kalo gitu jabon saya enggak akan saya pangkas rantingnya. lagi pula kasian ah...(saran dari mas menambah pengetahuan saya tentang jabon).....makasih mas. Tisna garut

    BalasHapus
  4. jabon memang yg tipenya gak perlu dipangkas kok pak. beda sama sengon.

    BalasHapus
  5. terimakasih mas Ardha, Bagaimana dengan Sengon...????
    .

    BalasHapus
  6. Mas Ardha, Bagaimana dengan Sengon, mungkin juga tidak perlu di pangkas ranting/cabangnya.?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENIH JABON MERAH DAN PUTIH SUPER

Profil area tanam Jabon Kendal

pohon aren, memiliki nilai ekonomis tinggi