tips budidaya jabon

Tanaman Jabon,mampu tumbuh baik diantara ketela pohon
Tanaman Jabon,mampu tumbuh baik diantara ilalang lebat

berikut adalah tips budidaya jabon,saya kutip dari bapak Krishnadi Pryana GM PT SSS,dulu beliau mengembangkan jabon sejak 2003 di martadah,tanahlaut,Kalsel disaat beliau menjabat Dir Umum Hendratna Plywood.

1. gunakan Furadan dilubang sebelum tanam untuk menghindari ulat tanah
2. Jarak tanam ,usahakan 3x3 m,lubang tanam 30x30 cm
3. gunakan pupuk kompos yang di fermentasi
4. jangan terlalu keras memegang batang waktu tanam,
5 . fungisida dan pestisida semprot,gunakan perekat tiap 10 hari sampai umur 4 bulan
6. JANGAN MEMANGKAS CABANG,biarkan rontok sendiri.karena batang akan cacat dan
kemasukan air,serta mengundang semut,kalau terpaksa memangkas dari batang
minimal40 cm
7. untuk penanaman luas,diatas 2 ha,usahakan diselingi tanaman mindi,mimba,atau suren
2 persen dari jabon kita.
8. usahakan jangan memakai herbisida,jangan terlalu sering membersihkan rumput di tahun kedua,jabon juga bagus dicampur tanaman lain,dengan ketela pohon juga tidak terkena efek,kalau sengon dicampur ketela pohon maka akan kuntet,,
demikianlah sedikit tips dari saya,kalau ada tips lagi ayo kita berbagi ilmu

Komentar

  1. Mas, aku ingin informasi menanam jabon minta infonya dong.

    BalasHapus
  2. bapak, saya mau taya apa pohon jabon bisa hidup d tanah boksit? solnya tempa saya tinggal kebanyakan tanahnya baoksit pak

    BalasHapus
  3. bapak saya mau taya. apa pohon jabon bisa d tanam d tanah baoksit?

    BalasHapus
  4. Yth Pak Ardha
    Saya sedang mencoba menanam jabon seluas +/- 8 ha
    proses yg baru saya lakukan adalah membuat lubang tanam dengan ukuran 50x50x50
    setiap lubang sudah saya masukkan kompos dari kotoran sapi sebanyak 5 kg perlubang
    jarak tanam 3 m x 3 m
    saya belum punya bibit (walaupun sdh banyak yg menawarkan)
    Pertanyaan saya
    1. Karena dalam masa puasa, apakah ada dampak dari tertalu lamanya lubang tidak ditanami (rencana tanam setelah lebaran)
    2. Apakah NPK perlu ditambahkan dalam lubang tersebut, kalo ya brp banyak (karena sdh terlanjur masukkan kompos)
    3. Apakah dalam penanaman nanti harus menunggu datangnya musim hujan

    Demikian pertanyaan saya, Terima Kasih

    EKO

    BalasHapus
  5. @pak eko,cukup 1 sendok aja npk nya,nunggu musim hujan lebih bagus pak,kalau ambil bibit dari kita, gratis furniture dari kayu jabon kualitas ekspor.ini penawaran satu satunya di dunia.@pak eko,cukup 1 sendok aja npk nya,nunggu musim hujan lebih bagus pak,kalau ambil bibit dari kita, gratis furniture dari kayu jabon kualitas ekspor.ini penawaran satu satunya di dunia.

    BalasHapus
  6. Yth Pak Ardha
    Saya memang berencana ambil bibit dari bapak,untuk lebih jelasnya saya akan menanam pertengahan september
    Lokasi saya di Jonggol, Kab. Bogor - Jawa Barat
    rencana bibit 10.000
    Pertanyaan saya
    1. Berapa Ukuran tinggi bibit siap tanam yg akan disediakan bapak
    2. Berdasarkan postingan bapak yg lalu, saya memilih bibit jabon yg putih, apakah itu sudah benar?
    3. Berapa harga bibit siap tanam?
    4. Apakah harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim?

    Terima Kasih,

    EKO

    BalasHapus
  7. @pak eko,bibit pengambilan 10 rb,kami kasih harga 1rb kw super sampai ditempat anda untuk yg siap tanam,gratis furniture,kami sarankan tinggi 30-40an cm@pak eko,bibit pengambilan 10 rb,kami kasih harga 1rb kw super sampai ditempat anda untuk yg siap tanam,gratis furniture,kami sarankan tinggi 30-40an cm, kami sarankan jabon putih pak,dan tentu saja gratis furniture jabon,trims

    BalasHapus
  8. Saya termasuk awam dengan budidaya Jabon ini. Tapi setelah membaca artikel ini, timbul niat saya untuk berinvestasi di bidang ini. Kebetulan saya punya lahan yg tidak terlalu luas (8800m2).
    Yg ingin saya tanyakan, Apakah jabon ini bisa di tumpangsari kan dengan tanaman jahe ???
    Karena kebetulan, lahan itu tanami jahe tuk sementara ini.
    Kalau memang bisa, hingga umur berapa tahun jabon ini bs ditumpangsarikan ???
    Atas informasinya, saya ucapkan terima kasih sebelumnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENIH JABON MERAH DAN PUTIH SUPER

Profil area tanam Jabon Kendal

pohon aren, memiliki nilai ekonomis tinggi