memilih lahan untuk jabon

Jabon bukanlah suatu jenis tanaman yang membutuhkan jenis lahan tertentu  untuk bisa hidup. Inilah mengapa, penyebaran tanaman Jabon bisa terjadi demikian pesat di berbagai daerah yang memiliki perbedaan karakter geografis serta iklim. Meski secara umum, kayu Jabon sangat cocok jika ditanam dikawasan beriklim tropis.
Untuk bisa tumbuh secara optimal, tumbuhan Jabon sangat cocok bila ditanam di kawasan yang memiliki suhu antara 21-26o celcius. Biasanya, kisaran suhu ini terdapat pada daerah yang memiliki ketinggian antara 10-900 meter di atas permukaan laut. Namun, ada beberapa petani yang menyatakan bahwa Jabon bisa pula tumbuh di kawasan pada ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut.
Jabon bisa pula tumbuh pada berbagai kondisi tanah. Seperti pada tanah yang tergolong sebagai tanah ultisol. Tanah ini merupakan tanah yang memiliki kandungan tanah liat di bagian bawahnya serta bersifat  agak  asam. Selain tanah ultisol, jabon bisa pula ditanam di tanah yang berjenis oxisol. Yaitu tanah yang tergolong sebagai tanah tua sehingga hanya memiliki sedikit kandungan mineral dan bersifat lapuk.

Di Indonesia yang merupakan kawasan dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia, Jabon termasuk salah satu jenis tanaman yang cocok untuk dibudidayakan. Sebab, tanah gunung berapi yang disebut andisol ini memiliki tingkat kesuburan cukup baik meski tanah ini berwarna kehitaman.
Di India, Jabon banyak ditemukan tumbuh pada tanah gambut dekat sungai dan di tanah rawa. Bahkan Jabon terlihat tumbuh lebih baik pada tanah gambut lembab yang memiliki drainase baik daripada di tanah yang kering (Troup, 1921). Di Jawa, ditemukan pula tanaman Jabon yang mampu tumbuh di kawasan yang berada di dekat laut dengan karakter air payau (Backer dan van den Brink Bakhuizen, 1965). Sementara di wilayah Sabah, Malaysia fakta yang ditemukan justru lebih menarik. pohon Jabon bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pada lahan kritis yang rusak akibat mesin-mesin berat yang digunakan pada kawasan bekas hutan alam.
jabon kayu2 300x224 Mudahnya memilih lahan untuk jabon
riap pertumbuhan jabon usia 5 tahun,tinggi dan menjulang

Semua kondisi tersebut menunjukkan, bahwa Jabon adalah jenis tanaman yang mampu tumbuh di berbagai macam jenis dan kondisi tanah. Ini yang membedakan Jabon dari beberapa jenis tanaman lain, yang biasanya cukup sensitif terhadap kondisi tanah yang kurang kondusif. jabon jabon

Komentar

  1. saya senang sekali bisa masuk blog anda....
    hhaa... maklum saya fans berat jabon juga....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENIH JABON MERAH DAN PUTIH SUPER

Profil area tanam Jabon Kendal

pohon aren, memiliki nilai ekonomis tinggi